Sukses

Kulit Kaki Kaku, Bengkak & Menghitam

18 Nov 2014, 15:53 WIB
Wanita, 53 tahun.

Bapak saya usia 88 th, kulit kakinya kencang dan kaku lebih seperti bengkak namun semakin hari semakin menghitam, semakin hari semakin berat melangkah, apakah nama penyakit ini, bolehkan hanya direndam dgn air garam hangat?? Thanks.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Salam kami untuk ayah Anda.

Keluhan ayah Anda saat ini adalah, kulit pada kaki terasa kaku dan menghitam, bengkak pada kaki dan susah berjalan. 

Kemungkinan keluhan Ayah Anda berkaitan dengan penyakit Trombosis vena dalam (DVT) atau Penyakit arterial peripheral. Sekilas ijinkan kami menjelaskan mengenai kedua penyakit tersebut.

Trombosis vena dalam (DVT) adalah gumpalan darah (juga disebut trombus) yang terbentuk pada vena di dalam tubuh. Biasanya lokasi gumpalan vena dalam terjadi pada kaki bagian bawah atau paha tetapi dapat juga terjadi di bagian tubuh lainnya. Gumpalan ini mungkin mengganggu sirkulasi dan mungkin pecah.

Gejala:

  • Kaki bengkak
  • Nyeri atau keempukan kaki, biasanya satu kaki dan mungkin dirasakan saat berdiri atau berjalan
  • Perubahan warna kulit atau kemerahan bahkan menghitam.

Penyakit Arterial Peripheral (PAD) berkembang ketika arteri kaki menjadi tersumbat dengan plak atau menyumbat aliran darah di kaki secara keseluruhan. Biasa terjadi pada usia diatas 50 tahun. Penyakit Ini mengakibatkan anggota gerak bagian bawah menjadi nyeri. Faktor resiko untuk PAD adalah hipertensi, kolesterol tinggi, dan diabetes. Apakah ayah Anda mengalami faktor resiko diatas?

Untuk dapat memastikan keluhan ayah Anda, sebaiknya segera konsultasikan masalah ayah Anda dengan dokter penyakit dalam atau dokter bedah agar dapat dilakukan lagi wawancara medis secara lengkap, pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang (bila diperlukan).   

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

    2 Komentar

    • Ary*

      Aq juga mengalami pengobatannya gimana yah dok

    • cyt*

      temen saya 20 tahun, kakinya bengkak dan ciri-cirinya sama dengan yang telah di sebutkan di atas. kira-kira temen saya juga bisa terserang penyakit seperti itu? terimakasih