Sukses

Benjolan di Leher & Nyeri Tenggorokan

17 Nov 2014, 15:46 WIB
Wanita, 20 tahun.

Salam dok, sejak 2-3 hari lalu tenggorokan saya rasanya kayak mau radang, kemarin pagi saya merasa agak sakit di perbatasan antara tenggorokan dan telinga sebelah kanan, kemudian malamnya timbul benjolan yang bisa diraba di bawah rahang dekat telinga, pagi ini makin sakit dan makin besar bengkaknya. Ini gejala apa ya, dok? Bagaimana mengobatinya? Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Banyak kemungkinan yang dapat melatarbelakangi terjadinya benjolan di leher, sebagaimana kami jabarkan sebagai berikut:

  • Pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri atau virus.
  • Pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis 
  • Bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan
  • Sebab lain (jarang).

Merujuk pada cerita Anda bahwa terdapat nyeri di daerah tenggorokan, ada kemungkinan benjolan tersebut adalah pembesaran kelenjar getah bening yang diakibatkan radang tenggorokan, penyebabnya dapat bervariasi antara lain infeksi bakteri, infeksi virus, alergi, iritasi seperti polusi atau rokok, dan sebagainya. Jika penyebabnya adalah bakteri, diperlukan pemberian antibiotik. Jika disebabkan oleh virus, maka diperlukan istirahat total dan daya tahan tubuh optimal untuk mengatasi infeksi virus tersebut. Jika dikarenakan iritasi, maka faktor iritan harus dihindari.

Namun ini hanya dugaan sementara saja, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT agar dilakukan pemeriksaan fisik, penunjang, dan penanganan optimal. Sementara itu, beberapa hal yang dapat Anda lakukan antara lain: minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya, hindari rokok, minum air hangat yang dicampur dengan madu atau lemon, berkumur-kumur dengan air garam untuk meredakan gejala.
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
 
Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar