Sukses

Asma Dalam Kehamilan

17 Nov 2014, 12:12 WIB
Wanita, 23 tahun.

Obat asma yang aman di saat kehamilan? Pagi dok, Sy sedang hamil 8w, sy mempunyai asma yg setiap hr selalu kambuh, sebelumnya sy selalu minum obat asma racikan yg dijual di toko obat sampai hari ini, menurut yg jual obat itu isi dr obat itu antibiotik, asmasoho & vitamin Obat itu amankah dok jika sy minum selama kehamilan sy? Terimakasih dok

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Kam mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan, Asma disebabkan oleh reaksi hiper-reaktifitas dari saluran pernafasan yang dapat dipicu oleh beberapa hal seperti alergi, infeksi, atau iritasi. Asma dapat terkontrol, dan pasien jadi tidak bergejala sama sekali. Tidak ada efek samping yang dapat muncul selama hamil. Namun pada kehamilan trimester kedua dan ketiga dapat kambuh terutama pada kehamilan 6 bulan. Bila terjadi kambuh maka Anda diharapkan menggunakan obat asma Anda yang tentunya obat yang diberikan atas pengawasan dokter. Sebaiknya selama kehamilan Ibu menghindari hal-hal yang dapat mencetus asma Ibu. 

Asma tidak dapat dihilangkan, namun dapat dikendalikan dengan menghindari pencetus dan mengkonsumsi obat-obat pengendali asma.

Faktor risiko terbesar asma adalah genetik. Faktor risiko lainnya yang dapat mencetuskan timbulnya asma adalah:

  • alergen (zat yang menyebakan alergi): debu, karpet, bulu binatang, polusi kendaraan
  • asap rokok
  • udara dingin
  • iritasi zat kimia
  • olahraga berlebihan
  • infeksi virus: influenza

Kami sarankan Anda menghindari penggunaan obat tanpa adanya pengawasan dari dokter, terutama saat ini Anda dalam keadaan hamil, karena terdapat beberapa obat yang bersifat teratogenik (berbahaya bagi janin). Oleh karena itu sebaiknya Anda melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter.

Berikut kami sertakan artikel untuk panduan informasi lengkap Anda:

Pengetahuan Praktis Tentang Asma

18 Cara Cegah Asma Kambuh

Asma Dalam Kehamilan (5 Juli 2010)

Pengobatan asma dalam kehamilan

 

Semoga proses kehamilan Anda berjalan dengan baik. Ibu dan bayi sehat selalu. Anda juga dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki untuk informasi mengenai masa kehamilan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat selalu,

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar