Sukses

Jantung Berdebar

17 Nov 2014, 10:39 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dear dokter, Semlm sy hbs kena serangan asma,stlh di uap,dan konsumsi obat,mengapa jantung sy berdebar kencang ya?

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya izinkan kami mengajukan beberapa pertanyaan. Jenis obat apa yang saat ini Anda konsumsi? Apakah sebelumnya Anda mengkonsumsi obat yang sama? Apakah keluhan dirasakan setelah Anda mengkonsumsi obat asma tersebut? Perlu diketahui bahwa ada beberapa obat asma yang menimbulkan efek jantung berdebar. Sekilas kami jelaskan mengenai penyebab jantung berdebar. Jantung berdebar memang dapat merupakan pertanda adanya masalah pada jantung. Namun selain itu, jantung berdebar juga dapat disebabkan oleh hal lain:

  1. Adanya serangan panik, rasa khawatir, takut, stres

  2. Latihan fisik yang terlalu berat

  3. Konsumsi kafein (kopi), nikotin (rokok), alkohol, obat flu

  4. Penyakit tiroid, kadar gula darah yang rendah, kurang darah (anemia), tekanan darah rendah, demam atau dehidrasi (kekurangan cairan)

  5. Perubahan hormon seperti selama menstruasi, kehamilan

  6. Obat-obat pelangsing, asma

  7. Suplemen herbal dan nutrisi tertentu

  8. Kadar elektrolit dalam darah yang tidak seimbang/normal

  9. Makanan tinggi karbohidrat, tinggi gula, tinggi lemak, tinggi  garam dan tinggi MSG.

 

Jika keluhan berdebar dirasakan setelah mengkonsumsi obat, Anda dapat menghentikan sementara obat tersebut dan segera melakukan konsultasi kembali dengan dokter yang sebelumnya meriksa Anda dan menceritakan mengenai keluhan Anda saat ini, Karena beliau yang mengetahui riwayat penyakit dan terapi yang diberikan kepada Anda. Sehingga dapat diberikan kembali terapi obat.  

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar