Sukses

Stroke, Dementia, dan Penyakit Alzheimer

20 Nov 2014, 09:19 WIB
Pria, 0 tahun.

selamat malam. saya mau tanya dok , apakah stroke bisa terjadi ketika seseorang dalam keadaan tidur ??? dan apa sih perbedaan Demensia, Alzheimer dan stroke ?? terimaksih..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Stroke dapat terjadi kapan saja, termasuk dalam keadaan tidur, terutama pada stroke iskemia yang terjadi akibat adanya sumbatan pada aliran darah ke saraf-saraf otak.  Inilah sebabnya stroke menjadi penyebab kematian yang utama di Indonesia. Selain karena faktor resiko tiap individu penderita yang tinggi, keterlambatan dalam diagnosis menjadi penyebab komplikasi yang terjadi. Sebelum menjawab pertanyaan Anda selanjutnya izinkan kami untuk memberikan sedikit informasi mengenai stroke.

Berdasarkan penyebabnya, stroke dibedakan menjadi:

  1. Stroke hemoragik. Pecahnya pembuluh darah otak menyebabkan keluarnya darah ke jaringan otak, ruang cairan disekitar otak atau kombinasi keduanya. Perdarahan tersebut menyebabkan gangguan serabut saraf otak melalui penekanan struktur otak dan juga oleh hematom/bekuan darah yang menyebabkan sumbatan aliran darah pada jaringan sekitarnya. Peningkatan tekanan dalam kepala pada gilirannya akan menimbulkan herniasi/keluarnya jaringan otak dan menekan batang otak sebagai pusat kesadaran dan pernapasan, hal ini sebagai kegawatdaruratan karena dapat menyebabkan kematian. Gejalanya disertai dengan sakit kepala hebat, muntah, penurunan kesadaran, tekanan darah tinggi.
  2. Stroke iskemik. Adalah tanda klinis gejala gangguan fungsi atau kerusakan jaringan otak yang disebabkan akibat dari berkurangnya aliran darah ke otak, sehingga mengganggu pemenuhan kebutuhan darah dan oksigen dijaringan otak. Gejala yang muncul biasanya tidak disertai dengan sakit kepala hebat, muntah, penurunan kesadaran dan tekanan darah tidak tinggi. Karena penyebabnya inilah stroke iskemi dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa ada faktor lain sebagai pemicu.

Jadi jika ditarik kesimpulan, Stroke adalah gangguan fungsional otak yang terjadi secara mendadak dengan tanda dan gejala klinis baik terlokalisir maupun menyeluruh yang berlangsung lebih dari 24 jam, atau dapat menimbulkan kematian yang disebabkan oleh gangguan peredaran darah otak.

 

Istilah Demensia digunakan untuk menggambarkan suatu sindrom/kumpulan gejala akibat penyakit otak, yang biasanya bersifat kronik/lama atau progresif serta terdapat gangguan fungsi luhur, termasuk daya ingat, daya pikir, daya orientasi, daya pemahaman, berhitung, kemampuan belajar, berbahasa, dan daya kemampuan menilai. Kesadaran tidak berkabut, dan biasanya disertai hendaya fungsi kognitif, ada kalanya diawali oleh kemerosotan (deterioration) dalam pengendalian emosi, perilaku sosial atau motivasi.

Penyebab pertama dementia adalah penyakit Alzheimer dan dapat terjadi  pada kondisi lain yang secara primer atau sekunder mengenai otak.

Sedangkan Penyakit Alzheimer sendiri adalah penyakit pada syaraf yang sifatnya irreversible / tidak dapat kembali normal akibat kematian daerah spesifik jaringan otak yang mengakibatkan gangguan fungsi kognitif dengan penurunan daya ingat secara progresif.  Penyebab pastinya hingga kini masih belum diketahui, beberapa alternatf penyebab yang telah dihipotesa adalah keracunan logam, gangguan fungsi imun tubuh, infeksi virus, polusi udara/industri dan lainnya.

 

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar