Sukses

Deteksi Kanker Melalui Urin dan Darah

02 Feb 2015, 20:00 WIB
Wanita, 28 tahun.

penyakit tumor/atau kanker apakah bisa dideteksi dari urin atau sample darah?

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kanker dapat dideteksi dini. Pemeriksaan deteksi dini memberikan keuntungan karena semakin dini terdeteksi maka makin tinggi tingkat ketahanan hidupnya bahkan bila terdeteksi dini maka dapat diatasi tuntas dengan tindakan pembedahan. Dari segi biaya tes deteksi dini juga memberikan keuntungan karena semakin dini terdeteksi maka semakin kecil biaya yang dibutuhkan untuk penyembuhannya. Semakin lanjut terdeteksi maka semakin tinggi biaya yang dikeluarkan, belum lagi penderitaan yang dialami baik akibat penyakitnya maupun akibat efek samping tindakan pengobatan.

Deteksi dini kanker dapat dilakukan dengan pemeriksaan skrining. Menurut Cancer Council Australia, prinsip pemeriksaan skrining untuk kanker adalah: 

  1. Dilakukan walaupun tanpa keluhan atau gejala karena apabila terdeteksi dini maka terapi akan lebih efektif.
  2. Bertujuan untuk mengidentifikasi orang-orang mana yang dicurigai, yang membutuhkan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan ada atau tidaknya penyakit. Jadi tes skrining bukanlah untuk mendiagnosa, diperlukan pemeriksaan lanjutan untuk mendiagnosa.
  3. Pemeriksaan skrining bertujuan untuk menemukan kelainan sedini mungkin, misalnya untuk kanker serviks dengan papsmear dapat mendeteksi tahap pra-kanker, sedangkan untuk kanker payudara dengan mamografi dapat mendeteksi tahap kanker invasif secara dini.

Pemeriksaan skrining harus mempunyai akurasi yang cukup untuk mendeteksi penyakit pada tahap yang dini. Akurasi diukur dari sensitivitas dan spesifisitas.

‘Sensitivitas’ menggambarkan kemampuan suatu tes untuk mengidentifikasi seseorang menderita penyakit secara tepat misalnya proporsi orang yang menderita penyakit yang hasil tes skriningnya positif. Tes dengan sensitivitas rendah akan kehilangan kasus ini (orang yang berpenyakit) dan akan menghasilkan angka negatif palsu yang tinggi (orang yang berpenyakit dikatakan bebas penyakit).

‘Spesifisitas’ menggambarkan kemampuan suatu tes mengidentifikasi orang yang tidak berpenyakit secara tepat. Tes dengan spesifisitas yang rendah akan menghasilkan angka positif palsu yang tinggi (orang sehat dikatakan tes positif).

Mengenai pertanyaan Anda mengenai deteksi kanker belum dapat melalui urin dan darah. Mengenai deteksi dini kanker, kami lampirkan artikel berikut untuk menambah pengetahuan Anda : Kanker, Bagaimana Supaya Bisa Terdeteksi Dini?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar