Sukses

Gejala Kanker Serviks

02 Feb 2015, 20:14 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok ibk sy dl meninggalnya kenak kankeq servik.trus skarang sya stlah melahrkan haids k0k cm ngeflek2 aja ya dok.ap itu tanda2 kanker servik jg d0k?mksh d0nk

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Setiap perempuan berisiko terkena kanker leher rahim dan di Indonesia hampir setiap jam terdapat 1 perempuan yang meninggal akibat kanker serviks. Hal ini terjadi karena kesadaran yang kurang pada para wanita untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Pasalnya, pada tahap awal, kanker leher rahim tidak menimbulkan gejala atau keluhan sama sekali. Pada tahap awal ini, pemeriksaan pada daerah serviks menjadi sangat penting untuk mendeteksi adanya perubahan yang terjadi pada daerah serviks.

Gejala dan keluhan akan muncul ketika kanker serviks telah berada pada stadium yang lebih lanjut. Gejala-gejala yang perlu diwaspadai tersebut antara lain:

  1. Keputihan kronik yang berbau dan bercampur darah. 
  2. Perdarahan yang terjadi di luar masa menstruasi.
  3. Periode menstruasi yang terjadi lebih berat dan lebih lama daripada biasanya.
  4. Perdarahan yang terjadi setelah masa menopause.
  5. Perdarahan yang terjadi setelah melakukan hubungan seksual.
  6. Perdarahan yang terjadi setelah pemeriksaan panggul atau pembersihan vagina (douching).
  7. Nyeri di daerah panggul.
  8. Nyeri saat melakukan hubungan seksual.
  9. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya.

Dalam menghadapi kanker serviks, hal yang terbaik adalah jangan menunggu hingga gejala-gejala di atas muncul. Lakukan pemeriksaan pada daerah serviks secara rutin jika Anda sudah aktif secara seksual.

Mengenai keluhan Anda saat ini belum mengarah kepada kanker serviks, namun Anda memiliki riwayat kanker serviks pada keluarga yang menjadi faktor risiko dalam diri Anda. Apabila terdapat gejala seperti di atas, kami menyarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mengetahui kondisi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar