Sukses

Solusi Penanganan Jerawat

19 Nov 2014, 07:33 WIB
Wanita, 15 tahun.

dok, sudah 3 tahun ini muka saya selalu berjerawat, awalnya gara2 salah satu produk yang di gunakan untuk foundation, setelah memakai produk tersebut jerawat saya menjadi banyak dan tak kunjung sembuh, sudah banyak obat kecantikan yang saya gunakan tapi hasilnya tidak maksimal, kira2 obatnya apa dan saya harus bagaimana ?

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Jerawat (acne vulgaris) terbentuk karena adanya sumbatan kelenjar sebum (lemak) pada folikel rambut. Hormon androgen meningkatkan produksi dari kelenjar lemak. Bila saluran keluar kelenjar tersebut tersumbat misalnya oleh keratin (lapisan dari kulit, misalnya kulit yang mati), maka terjadi tumpukan lemak pada saluran tersebut. Kuman Propionibacterium acne dapat berkembang biak pada saluran yang tersumbat tersebut, membuat saluran menjadi radang dan akhirnya timbullah jerawat.

Ada beberapa faktor risiko timbulnya jerawat (acne vulgaris), yaitu:

  1. perubahan hormon: hal ini biasa terjadi pada usia puber, masa kehamilan, pada wanita (2-7 hari sebelum menstruasi), dan mengkonsumsi obat-obat tertentu.
  2. penggunaan kosmetik yang berlemak (oily cosmetics) seperti cleansing creamsmoisturizer
  3. stress
  4. genetik (keturunan)
  5. tekanan atau gesekan pada kulit

Untuk mencegah timbulnya Anda dapat menjaga kebersihan kulit. Meskipun belum terbukti mengurangi atau mencegah jerawat, disarankan untuk mengurangi makanan berlemak. Jumlah rambut yang banyak tidak berhubungan dengan jumlah jerawat. Anda dapat membaca informasi mengenai jerawat lebih lengkap pada artikel Jerawat.

Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit kulit mencari pengobatan untuk jerawat, bila jerawat tersebut sudah banyak sekali dan mengganggu kosmetik. Pengobatan yang cepat akan memberikan hasil yang baik (tidak ada bekas di wajah)

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar