Sukses

Kapan Bisa menyusui Setelah Operasi FAM

01 Apr 2015, 15:41 WIB
Wanita, 25 tahun.

dok, stlah saya melahirkan dan lg proses menyusui walaupun cuma sedikit asi nya / tdk lancar tanpa sengaja ada benjolan payudara kanan bawah saya dan saya diam kan karena tidak nyeri selam usia anak saya 9 bulan dan akhirnya saya periksa ke dokter spesialis bedah dan mengastakn harus d operasi tp saya bilang saya lg proses menyusui tp ASI saya dikit dan dokter tsbt blg tidak masalah dan beberapa hari kemudian saya di operasi dg bius total dan rawat inap, setalah d operasi dan hasil lab mengatakan fibroadenoma mammae dd mammary dysplasia 7x4x2 cm dg kesimpulan fam dan tidak ditemukan sel malignancy dan hmpir 2 minggu setlah lepas jahitan trs di sekitar bkas operasi saya nyeri dan saya merasakan bengkak, yg saya ingin tanyakan kapan saya bs menyusui lg stlah operasi fam? dan apa penyebab fam? apakah bs muncul kembali? mohon penjelasan ny dok? terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. FAM (fibroadenoma mammae) merupakan suatu tumor jinak pada payudara dimana penyebabnya belum secara pasti diketahui.Namun benjolan FAM dapat membesar dengan dipengaruhi oleh hormon.  Oleh karena itu terkadang FAM akan menjadi besar saat sedang siklus menstruasi, kehamilan atau sedang menyusui. FAM tidak ada resiko untuk menjadi kanker.

FAM memang dapat berulang/muncul kembali, namun hal ini jarang terjadi dan membutuhkan waktu yang cukup lama pasca operasi.

Proses penyembuhan luka pasca operasi ada beberapa tahap. Jika luka operasi anda telah mengering dengan sempurna, maka anda dapat kembali memulai menyusui. Namun jika keluhan rasa nyeri, perdarahan, atau luka yang tidak mengering dalam waktu lama sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter spesialis bedah yang menangani Anda.

Kami lampirkan beberapa artikel terkait kesehatan payudara untuk menambah wawasan Anda:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar