Sukses

Diagnosis Diabetes

17 Nov 2014, 08:19 WIB
Wanita, 70 tahun.

Dok..., berapakah kadar glukosa dalam darah yang normal? Dan bagaimana cara membuat kadar gula dara stabil? Terimakasih.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Definisi diabetes adalah suatu kumpulan aspek gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh karena adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat kekurangan insulin baik yang sifatnya absolut maupun relatif. Beberapa faktor-faktor yang memiliki peran penting untuk terjadinya diabetes melitus adalah :

  • Obesitas, terutama yang besifat sentral (bentuk tubuh apel)
  • Diet tinggi lemak dan tinggi karbohidrat sederhana
  • Kurang gerak badan (olahraga)
  • Faktor keturunan (herediter)

Seperti yang dituliskan di atas, diet tinggi lemak dan tinggi karbohidrat sederhana dapat merupakan faktor penyumbang untuk terjadinya diabetes melitus. Untuk mencegahnya adalah dengan melakukan diet tinggi serat, banyak sayuran dan buah-buahan, karbohidrat kompleks, serta makanan lain dalam porsi seimbang.

Diagnosis diabetes melitus hanya dapat ditegakkan setelah terbukti dengan pemeriksaan gula darah. Kadar gula darah yang jelas mengindikasikan diabetes adalah yang berada dalam kisaran > 200 mg/dl untuk kadar gula darah sewaktu (GDS) atau >=126 mg/dl untuk kadar gula darah puasa (GDP).Kadar gula darah diperiksa saat 2 jam setelah minum larutan glukosa 75 gram (2 jam post prandial/2jamPP). Bila kadarnya >=200 mg/dl maka dapat dipastikan Anda menderita diabetes, kadar 140-199 mg/dl dikatakan Anda menderita gangguan toleransi glukosa, dan kadar < 140 mg/dl menandakan bahwa Anda tidak menderita kedua keadaan tersebut (normal).

Bila anda ingin memastikan kembali  nilai gula darah anda maka Kami sarankan agar Anda memeriksakan kembali gula darah puasa dan 2 jam setelah makan di laboratorium yang terpercaya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar