Sukses

Stroke dan Aneurisma Otak

20 Nov 2014, 09:37 WIB
Wanita, 40 tahun.

Salam hormat.. Dok, saya ingin tahu perbedaan stroke dengan aneurisma itu apa ya? Apakah kedua penyakit tersebut akibat dari pecahnya pembuluh darah?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Stroke adalah gangguan fungsional otak yang terjadi secara mendadak dengan tanda dan gejala klinis baik terlokalisir maupun menyeluruh yang berlangsung lebih dari 24 jam, atau dapat menimbulkan kematian yang disebabkan oleh gangguan peredaran darah otak.

Berdasarkan penyebabnya, stroke dibedakan menjadi:

  1. Stroke hemoragik. Pecahnya pembuluh darah otak menyebabkan keluarnya darah ke jaringan otak, ruang cairan disekitar otak atau kombinasi keduanya. Penyebab Pecahnya pembuluh darah otak biasanya karena ada trauma aatau hipertensi, tetapi penyebab paling sering adalah kebocoran aneurisma pada area malformasi pembuluh darah otak.
  2. Stroke iskemik. Adalah tanda klinis gejala gangguan fungsi atau kerusakan jaringan otak yang disebabkan akibat dari berkurangnya aliran darah ke otak, sehingga mengganggu pemenuhan kebutuhan darah dan oksigen dijaringan otak. Penyebab dapat oleh sumbatan lemak, bekuan darah, atau berkurangnya seluruh aliran darah ke tubuh akibat gangguan denyut jantung.

Aneurisma adalah pelebaran atau menggelembungnya dinding pembuluh darah,yang didasarkan atas hilangnya dua lapisan dinding pembuluh darah yang bersangkutan. sehingga terbentuk malformasi/kelainan pembuluh darah menyerupai tonjolan/ balon. Dinding pembuluh darah pada aneurisma ini biasanya menjadi lebih tipis dan mudah pecah. Sebenarnya aneurisma dapat terjadi di pembuluh darah mana saja di tubuh kita dan bila pecah akan menimbulkan gejala sesuai dengan area dimana terjadi gangguan, termasuk di area otak.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar