Sukses

Janin Terkena Spina Bifida
20 Nov 2014, 11:06 WIB
Wanita, 23 tahun.

dok,,saya mau tanya tentang janin yang terkena spina bifida bagaimana penanganannya?diketahuinya saat hamil 24mg apakah bisa di obati sejak masih dalam kandungan atau menunggu setelah lahir,,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Spina bifida adalah sebuah kondis kelainan pembentukan rahim dan tulang belakang janin (cacar tabung saraf), dimana beberapa ruang tulang belakang tidak menutup untuk membentuk lingkar normal di sekitar sumsum tulang belakang.

Terdapat tiga jenis spina bifida:

  • Spina bifida okulta: lubang kecil, biasanya menyebabkan gejala ringan atau tanpa gejala
  • Spina bifida sistika – meningokel: pembukaan cukup besar sehingga beberapa dari membran yang mengelilingi sumsum tulang belakang menjulur keluar melalui pembukaan
  • Spina bifida sistika – myelomeningokel: jenis yang paling serius, di mana beberapa dari sumsum tulang belakang itu sendiri menjulur keluar melalui lubang di tulang belakang.

Perlu dipahami bahwa anak yang lahir dengan spina bifida mungkin memiliki gangguan sistem saraf lain seperti hidrosefalus atau malformasi Chiari. Tidak ada yang dapat dilakukan ketika janin suda diketahui mengalami spina bifida. Bicarakan hal ini dengan pasangan dan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk mendapatkan solusi terbaik dari permasalahan yang ada.

Semoga penjelasan ini dapat dipahami.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar