Sukses

Bibir Sering Pecah-Pecah

17 Nov 2014, 12:29 WIB
Wanita, 20 tahun.

bagaimana cara mengatasi bibir pecah-pcah terlalu keseringan..

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya memahami kekhawatiran Anda. Penyebab dari bibir kering  dan pecah-pecah adalah lapisan minyak dari bibir yang hilang, yang mungkin disebabkan oleh beberapa hal seperti : paling sering oleh udara dingin (dalam kondisi anda mungkin kulit bibir anda sensitif jadi mudah kering bila terkena AC), terutama pada udara yang kering, dan juga oleh kebiasaan menjilat bibir. 

Yang harus anda lakukan adalah perbanyak konsumsi banyak air putih minimal 2 L/hari atau 8 gelas/hari. Lip Balm sebenarnya hanya mepunyai efek yang sementara, banyak data yang menyebutkan bahwa petroleum jelly dapat menyembuhkan, dan beberapa produk yang mengandung lonolin mungkin Anda bisa dapatkan jenis obat-obatan ini bila anda konsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin. 

Hindari kebiasaan menjilat apalagi menggigit-gigit bibir. Alih-alih membuat bibir menjadi lembab, kebiasaan menjilat bibir justru dapat membuat bibir bertambah kering. Enzim yang terkandung dalam air liur dapat membuat bibir kering, dan kebiasaan ini dapat membuat bakteri yang terkandung di dalam mulut menumpuk dan membuat sudut bibir pecah-pecah. Dan ada baiknya keadaan ini diperiksakan ke dokter.

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermnafaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar