Sukses

Benjolan Pada Tumit

17 Nov 2014, 11:12 WIB
Wanita, 50 tahun.

Saya mau bertanya tentang ibu saya dok, ibu saya awalnya sakit di tumit, dan di periksa ke dokter umum dg diagnosa asam urat, setelah konsumsi obat selama 5 hari, keluar benjolan darah pada tumit, kita lakukan cek darah, ternyata gula darah yang tinggi 355, sekarang benjolan tersebut agak membesar dan segera saya bawa ke dokter spesialis dalam, dapat resep obat dan selain mengkonsumsi obat, dianjurkan untuk mengompres benjolan dg betadin. Yang saya tanyakan, bagaimana jika benjolan itu dibersihkan jikalau sudah menjadi nanah? Serta perwatannya seperti apa dok? Ada saran yang lain? Terimakasih sebelumnya.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak yang terhormat.
Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.
 
 
Kami memahami kekhawatiran Anda. Jenis obat apa sajakah yang Ibu Anda konsumsi saat in? kemudian apakah terdapat obat anti diabetik? Hal ini perlu diketahui karena terdapat beberapa jenis obat yang dapat mempengaruhi glukosa darah. Keluarnya nanah dapat merupakan proses infeksi lanjut maupun tanda infeksi sekunder dan umumnya memerlukan pemberian antibiotik. Kadar gula tinggi, atau diagnosis diabetes, dapat mempersulit proses penyembuhan luka sehingga risiko infeksi sekunder lebih besar. Betadin digunakan sebagai antiseptik untuk menjaga kebersihan luka tersebut, dan sebaiknya tetap diberikan sesuai anjuran dokter Anda. 
Perawatan saat ini ditujukan untuk penyembuhan luka serta mencegah komplikasi yang lebih serius, sembari tetap menjaga kadar asam urat dan gula darah Ibu Anda. Kami menyarankan Anda untuk kembali ke dokter agar dapat diperiksa secara langsung benjolan tersebut dan melihat adakah komplikasi yang muncul, agar Ibu Anda dapat memperoleh penanganan yang optimal. Sementara itu jagalah agar luka tetap kering dan bersih, serta hindari adanya tekanan pada daerah luka.
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
 
Salam,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar