Sukses

Batuk Berdahak Kronis

20 Nov 2014, 16:09 WIB
Wanita, 22 tahun.

1-2 bln lalu saya menderita batuk berdahak. Olh dokter diberi racikan obat batuk, levofloxacin500mg serta vostrin untuk dahaknya. Batuk sembuh dlm 2mg. Pertanyaannya, 2minggu terakhir setiap tidur malam tenggorokan selalu berdahak padahal tiddak batuk. Apa yg harus dilakukan? Thx

Terimakasih karena Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang Anda alami termasuk di dalam batuk kronis. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

  1.  Alergi (dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak)
  2.  Asma
  3.  Infeksi : Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infkesi sinus
  4.  Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)
  5.  GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) : Penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung. 
  6. Penggunaan obat tertentu (ACE inhibitor) 
  7. Post Nasal Drip (ada cairan di belakang hidung).

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam atau Spesialis Paru, karena keluhan seperti yang Anda rasakan hanya dapat di diagnosa melalui pemeriksaan langsung disertai penunjang yang memadai.

Berikut artikel kami yang berkaitan dengan keluhan Anda: Jangan Anggap Sepele Batuk Berdahak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar