Sukses

Nyeri Kepala, Organik atau Psikis?

19 Nov 2014, 15:35 WIB
Wanita, 39 tahun.

Dokter...saya sudah 1 bulan lebih sakit kepala. Setiap sakit kepalanya setiap pagi tp menjelang siang sudah agak enakan. Setiap hari selalu gitu Klo habis sakit kepala kenapa badan saya serasa lemas dan seperti org masuk angin sering sendawa. Saya mohon penjelasannya dokter saya sakit apa ya...n klo ke dokter bagian apa...? Saya sudah 3 x kedokter tp blm ada perubahan

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Sejak kapan keluhan dirasakan? Apakah Anda sedang mengalami masalah? Apakah keluhan tersebut muncul saat Anda sedang stres/sedih?

Stres dan kondisi psikis seseorang dapat mempengaruhi status kesehatan. Gangguan psikosomatis merupakan gangguan atau rangkaian keluhan yang dirasakan berhubungan dengan kondisi psikis, misalnya kondisi ketika seseorang mengalami tekanan mental (stres), yang diikuti oleh berbagai keluhan kesehatan seperti rasa sesak, cemas, berdebar-debar, peningkatan asam lambung, sakit kepala, dan sebagainya.

Cobalah untuk membuat tubuh dan pikiran Anda lebih rileks. Lakukan kegiatan positif dan produktif seperti bersosialisasi, olahraga, menulis, dan sebagainya untuk mengindari perasaan marah/sedih atau gundah yang Anda rasakan. Berdoa, tenangkan diri dan terus berpikir positif.

Sulit bagi kami untuk mengetahui apa yang terjadi pada Anda tanpa didahului oleh pemeriksaan fisik dan penunjang yang memadai. Untuk mengetahui diagnosa kondisi Anda, kami sarankan Anda untuk ke Dokter Spesialis Saraf. Namun, apabila seluruh Dokter yang Anda kunjungi menyatakan bahwa kondisi kesehatan Anda normal, maka pertimbangkan untuk menemui Psikiatri karena ada kemungkinan gejala yang Anda alami ini bersifat psikosomatis.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar