Sukses

Nafas Berbunyi

17 Nov 2014, 16:53 WIB
Pria, 58 tahun.

Saat sore menjelang maghrib terasa sesak nafas disertai batuk berdahak dan nafas berbunyi (tidak ada keturunan asma). Apakah ini disebabkan alergi ? Dan Sebaiknya saya harus konsultasi ke dokter spesialis mana ?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Apakah napas Anda berbunyi ngik-ngik?

Bila iya, bisa jadi Anda merupakan salah satu penderita asma. Bunyi berasal dari penyempitan saluran pernapas yang biasanya disertai juga dengan gejala sesak napas, karena udara pada saluran yang sama tidak dapat mengalir dengan lancar.

Seseorang dicurigai menderita asma apabila mengalami gejala batuk dan/atau mengi secara berulang pada malam hari, musiman atau setelah beraktivitas. Dugaan akan semakin menguat apabila terdapat riwayat asma dan/atau alergi pada penderita atau keluarganya.

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Paru agar dapat dilakukan wawancara medis, pemeriksaan medis maupun penunjang untuk memastikan diagnosa.

Gunakan pakaian tidur yang hangat, dan selimut dengan bahan kain tanpa bulu halus pada malam hari untuk membantu meminimalisasi serangan.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar