Sukses

Buta Warna dan Keturunannya
17 Nov 2014, 07:16 WIB
Pria, 28 tahun.

selamat siang dokter, saya mau menanyakan mengenai buta warna. ayah istri saya mengalami buta warna,tapi 2 kakak lelaki istri saya tidak buta warna, apakah ada kemungkinan nnti anak kami akan mengalami buta warna? ada kah cara pencegahan agar anak kami bisa bermata normal? mohon penjelasanannya dokter. trims.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu akibat faktor genetis. Saraf sel di retina terdiri atas sel batang yang peka terhadap hitam dan putih, serta sel kerucut yang peka terhadap warna lainnya. Buta warna terjadi ketika syaraf reseptor cahaya di retina mengalami perubahan, terutama sel kerucut.

Buta warna merupakan kelainan genetik / bawaan yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya, kelainan ini sering juga disebut sex linked, karena kelainan ini dibawa oleh kromosom X. Mengingat kelainan ini dibawa oleh kromosom X, bukan tidak mungkin istri Anda adalah pembawa gen buta warna, sehingga anak Anda pun memiliki risiko untuk menjadi individu pembawa gen dan atau terkena buta warna. Sedangkan kromosom Y tidak membawa faktor buta warna.

Buta warna juga dapat disebabkan akibat penyakit seperti glaukoma, katarak, diabetes, sklerosis dan efek samping obat-obatan seperti pil kontrasepsi dan anti peradangan. Untuk buta warna yang disebabkan kelainan genetik tidak ada terapinya. Sedangkan untuk buta warna yang disebabkan karena penyakit atau obat-obatan, apabila pencetus disembuhkan atau dihilangkan maka mata dapat kembali normal.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar