Sukses

Si Bulan Atau Keguguran?

16 Nov 2014, 20:26 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok mw tanya . wktu bulan2 kemarin saya dinyatakan 2 dokter beda observasi ada yg bilang hamil dan tidak hamil namu pda bulan juni itu memang saya sudah telat 2 bulan . saat itu flek coklat lalu keluar gumpalan putih panjang berwarna putih yg didalamnya ada seperti benang2 warna ungu . itu apa y . apa otu janin

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Telat datang bulan memang salah satu tanda kehamilan, namun hal ini merupakan suatu tanda tidak pasti. Perlu diketahui bahwa siklus menstruasi tidak selalu tepat waktu, namun dapat lebih cepat ataupun lebih lambat dari datang kedatangan yang diharapkan.

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah menstruasi terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), test pack dapat diulang satu atau dua minggu kemudian.

Apakah Anda sudah pernah melakukan test pack? Bagaimanakah hasilnya?

Bila hasil pemeriksaan test pack Anda negatif, berarti kemungkinan besar tidak ada kehamilan. Pada kehamilan awal dapat muncul flek-flek sedikit yang menandakan perlekatan janin ke rahim, flek ini biasanya berlangsung hanya 1 hari. Apabila seoarng wanita mengalami keguguran, biasanya selain perdarahan juga akan dirasakan pula rasa nyeri hebat di perut. Karakteristik perdarahan yang terjadi biasanya sampai bergumpal-gumpal seperti ada jaringan yang ikut keluar. Kami sarankan Anda untuk kembali memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk memastikan kondisi Anda saat ini.

Sedangkan tanda-tanda kehamilan sendiri terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti.

Tanda-tanda kehamilan tidak pasti dapat muncul dengan penuh variasi pada setiap individu, sebagai berikut:

  • Sering berkemih
  •  Pembesaran dan nyeri payudara
  •  Mual
  •  Mudah lelah
  •  Daerah sekitar puting susu menghitam
  •  Peningkatan suhu tubuh
  •  Flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim,

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  •  Terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  •  Terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  •  Terlihat gambaran janin pada USG atau scanning.

Apakah Anda mengalami satu atau lebih tanda di atas?

Gangguan menstruasi merupakan keluhan yang cukup umum ditemui. Gangguan menstruasi dapat ditandai dengan adanya flek pendarahan atau peningkatan volume pengeluaran darah hingga adanya gumpalan darah. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Gangguan menstruasi dapat dipicu oleh berbagai macam penyebab dan biasanya terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormonal.

Penyebab gangguan menstruasi dapat terjadi pada beberapa kondisi sebagai berikut:

  • Gangguan indung telur, misal: Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS)
  • Stres dan depresi
  • Sakit kronik
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Penurunan berat badan berlebihan
  • Olahraga berlebihan
  • Adanya tumor yang melepaskan estrogen
  • Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • dan kondisi lainnya.

Penanganan masalah ketidakteraturan siklus menstruasi tentunya akan disesuaikan dengan faktor yang melatarbelakangi terjadinya kondisi ini. Berikut adalah beberapa kiat untuk menghindari terjadi gangguan menstruasi :

  • Hindari Aktifitas Fisik yang Berat

Terlalu lelah adalah salah satu penyebab utama terlambatnya proses siklus menstruasi. Hal ini karena tubuh membutuhkan sejumlah energi untuk meneruskan proses menstruasi secara teratur. Ketika jumlah energi habis karena adanya aktifitas yang berat, maka menstruasi tidak datang tepat pada waktunya. Dan ketika siklus tidak lancar, maka sindrom pra-menstruasi datang mengancam. Untuk itu hindarilah kelelahan berlebihan.

Tubuh setiap manusia memiliki ambang lelah yang berbeda-beda, tergantung dari ketahanan stamina tubuh seseorang. Stamina dapat dilatih dengan berolahraga secara teratur. Sebagai langkah awal, cobalah jogging selama 15 menit dahulu, kemudian dilatih untuk menambah waktu hingga 30 menit dalam sehari.

  • Hindari Stres

Di atas batang otak manusia, terdapat satu struktur yang disebut hipotalamus. Bagian dari otak ini memiliki beberapa fungsi penting untuk menghubungkan sistem saraf dengan kelenjar endokrin melalui kelenjar hipofisis atau pituitasi. Hipotalamus mengatur berbagai tingkatan hormon, termasuk hormon-hormon reproduksi wanita, yaitu esterogen dan progesteron.

Bila seorang wanita berada pada tekanan mental ekstrim seperti stres, maka produksi esterogen dan progesteronnya akan terganggu. Ketidakseimbangan ini dapat melatarbelakangi terjadinya gangguan menstruasi.

Sama dengan stamina, ambang stres setiap orang juga berbeda- beda tergantung dari ketahanan jiwanya. Ketahanan jiwa berhubungan dengan tubuh yang sehat. Oleh karena itu, dengan melatih tubuh berolahraga teratur, tubuh akan menjadi lebih segar dan memiliki stamina yang baik sehingga tidak mudah terserang stres.

  • Asupan Gizi

Asupan nutrisi tepat untuk kebutuhan gizi tubuh sangat diperlukan. Karena status kualitas dari asupan nutrisi dan gizi mempengaruhi kinerja kelenjar hipotalamus yang memiliki peran mengendalikan kelancaran siklus menstruasi Anda.

Hindari minuman bersoda, minuman keras, rokok dan asap rokok. Mulailah menjaga pola makan dan pastikan Anda mengkonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang berkualitas.Tingkatkan konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan segar, sayur, gandum dan tinggalkan makanan cepat saji dan segala hal yang berlemak. Hindari juga konsumsi obat-obatan tanpa resep dan pengawasan Dokter.

Berikut beberapa artikel yang dapat menambah pengetahuan Anda:

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar