Sukses

Jerawat di Daun Telinga

16 Nov 2014, 06:59 WIB
Wanita, 19 tahun.

Halo dokter, saya mau tanya, kenapa ya daun telinga saya sering sekali terdapat bisul yang menyerupai jerawat kecil-kecil, Kadang terdapat isi seperti jerawat dan itu tak kunjung hilang. Hilang satu muncul lagi. Oh ya, dan jerawat tersebut bukan hanya 1 atau 2 tapi lebih dari itu dan ada di daun telinga kanan dan kiri. Trimakasih dok..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Seperti bagian tubuh yang lain, jerawat pun dapat muncul di daun telinga karena daerah ini mengandung banyak sekali kelenjar minyak (sebaceous gland) yang pori-porinya dapat tersumbat dengan mudah oleh bakteri. Kotoran telinga, produk perawatan rambut, hairspray atau bahan lainnya dapat dengan mudah memicu pertumbuhan bakteri di daerah ini. Jadi, perlakukan telinga Anda persis seperti Anda memperlakukan kulit wajah.

 

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Obat yang dapat digunakan adalah retinoic acid, salicylic acid, benzoyl peroxide, sulfur, tea tree oil dan antibiotik topikal/oles. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum tergantung derajat keparahan jerawat. Pada jerawat yang berukuran besar dan meradang dapat diberikan suntik kortikosteroid. Semua terapi ini harus atas indikasi dan berada di bawah pengawasan Dokter.

Jaga kebersihan daerah telinga Anda. Cucilah daun telinga Anda dengan sabun khusus untuk kulit berjerawat atau dengan sabun bayi setidaknya 2 kali sehari, terutama setelah memakai produk perawatan rambut.

Kami sarankan Anda untuk konsultasi ke Dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran.

Silahkan baca kumpulan artikel kami mengenai jerawat:

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar