Sukses

Alergi Obat Atau Penyakit Kulit?

16 Feb 2015, 21:22 WIB
Wanita, 7 tahun.

dokter...anak saya demam, batuk, pilek,serta perutnya sakit dibawa ke dr umum dan diberi obat promedex syrup dan sanmol (anak sy biasa pakai sanmol)..serta laktobe utk pencernaannya.besoknya demam sembuh tp sy liat di punggungnya seperti ada bekas menghitam yg bersisik (seperti kulit gatal trus digaruk dan mengelupas) tp menurut anak sy tdk gatal, apakah anak sy alergi obat dok atau itu penyakit kulit, utk info anak sy pernah di tes alergi di rs cipto, potensi alerginya tinggi. mohon penjelasannya.terima kasih dokter.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Gejala yang anak Anda alami memang dapat merupakan reaksi simpang terhadap obat-obat yang Anda minum. Terdapat beberapa gambaran klinis yang berbeda dan penanganan yang berbeda.

Jika iya, maka sebaiknya Anda menghentikan semua obat-obatan anak nda terlebih dahulu lalu kembali melakukan kunjungan ke dokter yang menangani Anda untuk dilakukan proses challenge obat. Setelah gejala hilang, obat-obat tersebut dapat dicoba diberikan kembali dimulai dengan dosis yang kecil di bawah pengawasan dokter. Bila terdapat gejala flushing dan gatal dengan atau tanpa lesi (biasanya) di wajah yang tidak berat, gejala dapat hilang sendiri. Obat antihistamin dapat diberikan bila flushing dirasa mengganggu. 

Hal tersebut memnang baru dapat dipastikan setelah mendapatkan informasi lanjut dari wawancara medis,  Pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan penunjang. Oleh karena itu kami menyarankan Anda menghentikan sementara pemberian semua obat dan kembali ke dokter yang menangani anak Anda untuk memastikan apakah benar keluhan yang anak Anda alami merupakan reaksi simpang obat tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar