Sukses

Puting Susu Masih mengeluarkan Asi

29 Mar 2015, 12:52 WIB
Wanita, 32 tahun.

sy udah berenti menyusui 10 bulan yang lalu, sy irt dan bekerja. kenapa yah setiap kali sy pijit puting susu saya masih keluar asi nya warna putih, padahal sy sudah berhemti menyusui dari 10 bulan yang lalu. Terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Yang perlu kami tanyakan sebelumnya, apakah asi keluar terus menerus setiap harinya atau hilang timbul dalam rentang waktu tersebut? bagaimana jumlahnya? bagaimana dengan warna, bau, konsistensinya, apakah anda yakin bahwa cairan tersbut adalah ASI?

Jumlah ASI yang normal diproduksi pada akhir minggu pertama setelah melahirkan adalah 550 ml per hari. Dalam 2-3 minggu, produksi ASI meningkat sampai 800 ml per hari. Jumlah produksi ASI dapat mencapai 1,5-2 L per harinya. Jumlah produksi ASI tergantung dari berapa banyak bayi menyusu. Semakin sering bayi menyusu, semakin banyak hormon prolaktin dilepaskan, dan semakin banyak produksi ASI. Sebaliknya, produksi ASI akan berkurang secara bertahap jika frekuensi menyusu juga berkurang. Oleh karena itu jika hingga saat ini ASi anda tetap keluar walaupun anak tidak lagi menyusui, merupakan tanda adanya gangguan pada paydara Anda.

Saran kami anda sebaiknya terlebih dahulu memeriksakan diri kepada dokter terdekat, untuk meyakinkan cairan apa yang keluar dari payudara Anda, dan adakah gangguan yang mendasarinya, serta bagaiman penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar