Sukses

Kutil Pada Vagina

29 Mar 2015, 12:55 WIB
Wanita, 25 tahun.

dok didaerah (maaf) vagina saya ada benjolan kecil yg menyerupai kutil. rasanya gatal dan perih klo dpencet. pernah waktu hub sm suami smpai berdarah. awalnya 1, tp skrg dskitar anus tumbuh lg. itu kenapa ya dok. trimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kutil pada kelamin, yang dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah kondiloma akuminata, merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. 

Kutil kelamin dapat menimbulkan rasa gatal dan juga dapat menyebabkan keluhan keputihan.

Infeksi melalui kontak langsung dengan jari juga dapat terjadi namun diperlukan sumber infeksi (virus) tersebut yang biasanya didapatkan dari orang yang menderita penyakit ini.  Seseorang yang terinfeksi virus ini juga dapat tidak menimbulkan gejala (berada dalam fase laten) sehingga meskipun tidak memberikan gejala kutil kelamin namun dapat menularkan virus ini pada pasangan seksualnya.

Hal-hal yang merupakan faktor risiko untuk meningkatkan kejadian adalah merokok, penggunaan kontrasepsi oral, hubungan seksual dengan partner multipel, dan hubungan seksual pada usia muda.

Apakah ini yang Anda maksudkan dengan keluhan Anda ataukah hanya benjolan biasa?

jika tumbuhnya kutil tersebut telah mengganggu Anda maka kami sarankan agar Anda segera berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kutil kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan gel, salep atau krim pada kutil, dengan cryosurgery, dengan laser,  atau dengan operasi kecil untuk mengangkat kutil yang berukuran lebih besar.

Lebih tepatnya lagi, Anda memang perlu mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin terlebih dahulu untuk pemeriksaan langsung untuk memastikan diagnosis dari keluhan Anda. Penanganan tepat baru dapat diberikan setelah diagnosis ditegakkan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar