Sukses

Telur dan Bisul

10 Feb 2015, 23:19 WIB
Pria, 36 tahun.

dokter saya mau tanya,setiap makan telor selang beberapa hari timbul bisul dan badanpun jadi menggigil panas dingi,sekarang di bibir atas saya timbul bisul,saya pijit malah tambah menjalar,apa saya alergi telor atau pertahanan tubuh saya lemah,mohon jawabannya dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran sisebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh.

Berdasarkan informasi yang Anda berikan, bisul yang terjadi berulang kali kambuh kembali, yang berarti bahwa faktor pencetus bisul tersebut belum dihilangkan dan bisul yang Anda miliki belum ditatalaksana sampai tuntas.

Obat untuk mengobati bisul, sesuai dengan penyebabnya, adalah antibiotik, bisa berupa topikal (dioleskan) ataupun oral (diminum, tergantung jenis furunkel). Namun sesudah diberikan antibiotik, guna mencegah bisul tersebut kambuh kembali, disarankan untuk menjaga kebersihan daerah tersebut.  

Telur memang seringkali dikaitkan dengan kejadian bisul. Namun, itu adalah mitos dan tidak benar. Penyebab bisul bukanlah berasal dari telur tetapi akibat kurang menjaga kebersihan kulit.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar