Sukses

Stroke Tanpa Terapi Medis

30 Mar 2015, 18:37 WIB
Pria, 57 tahun.

dok, ayah saya sudah 10 bulan ini terganggu aktifitas dan kemampuan berkomunikasinya karena stroke. tapi beliau tidak mau dibawa ke rumah sakit sejak awal serangan. apakah hal ini berpengaruh besar kepada kemungkinan kesembuhan? terimakasih odk

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Stroke adalah gangguan fungsional otak yang terjadi secara mendadak dengan tanda dan gejala klinis baik terlokalisir maupun menyeluruh yang berlangsung lebih dari 24 jam, atau dapat menimbulkan kematian yang disebabkan oleh gangguan peredaran darah otak.

Berdasarkan penyebabnya, stroke dibedakan menjadi:

  1. Stroke hemoragik. Pecahnya pembuluh darah otak menyebabkan keluarnya darah ke jaringan otak, ruang cairan disekitar otak atau kombinasi keduanya. Penyebab Pecahnya pembuluh darah otak biasanya karena ada trauma aatau hipertensi, tetapi penyebab paling sering adalah kebocoran aneurisma pada area malformasi pembuluh darah otak.
  2. Stroke iskemik. Adalah tanda klinis gejala gangguan fungsi atau kerusakan jaringan otak yang disebabkan akibat dari berkurangnya aliran darah ke otak, sehingga mengganggu pemenuhan kebutuhan darah dan oksigen dijaringan otak. Penyebab dapat oleh sumbatan lemak, bekuan darah, atau berkurangnya seluruh aliran darah ke tubuh akibat gangguan denyut jantung.

Penyembuhan, pemulihan dan langkah terapi secara terperinci harus didahului dengan pemeriksaan fisik serta penunjang yang terkait. Kami sarankan Anda untuk membawa Ayah Anda untuk melakukan pemeriksaan, karena bagaimanapun juga stroke tidak dapat ditangani secara mandiri.

Kami sarankan pula Ayah Anda melakukan perubahan pola hidup ke arah lebih baik dengan asupan nutrisi yang bergizi dan seimbang, olahraga teratur 2-3x seminggu dengan durasi minimal 30 menit dan rutin kontrol ke dokter.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar