Sukses

Nyeri Perut Kanan dan Nyeri Pundak Belakang

27 Mar 2015, 22:10 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat pagi dok. slm kenal dri saya. Saya mau menanyakan gejala penyakit apa ya jika perut bagian sebelah kanan sering sakit/keram? trus kalau sakit pundak bagian belakang itu karena apa dok? Makasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Keluhan pada perut atas bagian kanan dapat disebabkan karena berbagai macam hal. Yang perlu diketahui adalah organ di daerah tersebut, yaitu kulit, otot, hati, empedu, tulang (apabila nyeri berdekatan dengan daerah tulang iga). Masing-masing organ tersebut dapat menyebabkan keluhan nyeri.

Perlu dicari lebih dalam lagi adakah riwayat trauma, riwayat penyakit hati seperti hepatitis, riwayat minum alkohol, memakai jarum suntik bersama, transfusi darah, riwayat gastritis (maag), hubungan antara keluhan nyeri dan makanan, kapan saja terjadinya nyeri, sejak kapan, dan masih banyak hal yang perlu diketahui sebelum dapat ditentukan dengan pasti penyebabnya.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium untuk memastikan gangguan yang Anda alami dan mendapatkan penanganan yang optimal.

Sedangkan Keluhan nyeri pada pundak dapat disebabkan karena gangguan pada otot, persendian atau tulang. Sudah berapa lama keluhan dirasakan, kapan saja keluhan muncul, kapan keluhan menghilang? Posisi yang benar dalam beraktivitas dan peregangan otot bila mempertahankan suatu posisi dalam waktu lama sangat penting untuk menjaga agar tidak terjadi pegal atau nyeri. Rasa nyeri juga dapat diatasi dengan konsumsiobat anti nyeri yang dijual bebas di pasaran atau obat oles anti nyeri. Jika keluhan sangat mengganggu sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan langsung.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar