Sukses

Maag Tak Kunjung Sembuh

30 Mar 2015, 19:42 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok sy mau tanya. Sudah 1 bln saya sakit maag badan blum enakan jg. Awalnya jam 12 malam jantung sy berdebar kencang sampai kluar keringat dingin dan bdn sy pada dingin sy ke ugd ekg normal di minumin obt maag hanya brthan smntara. Akhriny sy endoscopy ada peradangan di lambung namun tdk parah stlh 1 mnggu drawat saya blum ada perubahan saya tdk muntah sm skali hanya mual dan perasaan sy tdk enak. Nah maag blum tuntas sy ada infeksi saluran kemih. Perut depan kanan saya sakit. 3 jam skali sy mrasakan lapar. Skr sy buang2 air dan tdk bs kentut. Mohon infonya dok apa yg harus sy lakukan minum obat ini itu sudah. Terimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, mual, kembung, dan muntah. Apabila keluhan menjadi nyeri dada, dada terasa panas, dan mulut terasa pahit/asam, maka mungkin saja itu bukan maag namun penyakit Refluks Gastroesofageal yang terjadi akibat naiknya cairan lambung ke kerongkongan. Hal ini disebabkan klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik.

Kondisi stres atau cemas dapat menyebabkan kenaikan produksi asam lambung dimana hal ini tentu saja dapat menambah keluhan dari maag atau GERD yang dirasa.

Bila benar Anda terkena maag maka selain pengobatan oleh dokter maka Anda juga harus melakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur, makan sedikit-sedikit tetapi sering, hindari konsumsi makanan pedas, asam, alkohol, rokok, kafein dan hindari stress. Karena konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok dan hal-hal lain yang dapat merangsang asam lambung.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar