Sukses

Sperma Yang Tidak Sehat Dan Hasil Janin Yang Dibuahi

21 Feb 2015, 14:58 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat malam dok, mo nanya nih.. apakah sperma yang tidak sehat itu berpengaruh juga untuk hasil janin yang akan dilahirkan? Misalnya cacat fisik atau cacat yang lainnya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pada umumnya pengaruh sperma terhadap kecacatan janin sangatlah rendah. Penjelasannya, Hanya diperlukan satu dari jutaan sperma yang masuk ke vagina untuk membuahi sel telur. Meski cuma satu, tapi sperma harus berjuang keras untuk melakukan pembuahan. Sperma harus melakukan perjalanan panjang, di mana dalam perjalanannya, sperma bisa saja mati. Kendati sudah bertemu sel telur pun, sperma tidak bisa dengan mudah melakukan penetrasi.

Sperma yang tidak baik atau kualitasnya rendah akan dengan sendirinya tersingkirkan karena pada saat sperma masuk ke mulut rahim dan dianggap sebagai musuh atau benda asing, antibodi di sel telur dapat membunuh sperma sehingga tidak dapat mencapai sel telur yang akan dibuahi. . Sperma yang mati akan terserap oleh tubuh dan ada juga yang dalam beberapa waktu sperma yang gagal bertemu sel telur ini diam di dalam vagina. Sehingga hanya sperma dengan kualitas yang baiklah yang dapat mencapai sel telur wanita.

Bila bayi lahir dengan cacat, maka perlu dipikirkan penyebab lain semasa kandungannya. Ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang justru yang bisa menyebabkan janin Anda mengalami cacat selama kehamilan berlangsung.

  • Merokok secara aktif/pasif

Pada bungkus rokok yang dijual di pasaran selalu tercantum peringatan tentang bahaya dari rokok. Isi dari salah satu peringatan menunjukkan bahwa merokok dapat membahayakan janin. Ibu hamil yang merokok secara aktif maupun pasif akan mengakibatakan IQ rendah, dan menjadikan anak memiliki perilaku yang buruk.

  • Mengkonsumsi Alkohol

Kandungan alkohol dalam minnuman keras, dapat membahayakan janin yang berada dalam kandungan. Ibu bayi yang masih sering meminum minuman keras saat hamil, maka akan mengakibatkan janin menderita kerusakan pada otak, dan perkembangan yang buruk pada janin.

  •  Memakan banyak junk food

Junk food yang memiliki banyak pewarna dan kandungan zat aditif, akan memberikan efek yang buruk berupa perkembangan otak janin dan IQ rendah. Selain itu, zat aditif dalam junk food akan menjadikan anak bersikap hiperaktif.

  •  Mengkonsumsi MSG

Makanan yang memiliki banyak kandungan MSG memiliki dampak buruk yang sama seperti zat aditif pada junk food. Hindarilah mengkonsumsi MSG terlalu banyak karena MSG dapat menyebabkan kerusakan pada otak janin.

  • Terlalu banyak kafein

Kopi yang memiliki banyak kandungan kafein, juga memiliki efek yang buruk pada janin. Terlalu banyak kafein akan menyebabkan bayi memiliki IQ yang rendah, sulit dalam menerima pelajaran, serta menjadikan anak bersikap hiperaktif.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar