Sukses

Mengalami Gatal-gatal Di Daerah Kewanitaan

10 Feb 2015, 23:07 WIB
Wanita, 19 tahun.

dok saya mengalami gatal-gatal di daerah kewanitaan saya dari depan hingga belakang, kemunculan gatal itu selalu tiap malam menjelang tidur, alhasil saya suka menggaruknya kadang sampai berdarah dan menyisakan bekas luka. penyebabnya dan cara pengobatannya bagaimana ya dok ??? mohon penjelasannya. terimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sejak kapan Anda mengalami keluhan ini? Apakah rasa gatal pada daerah kewanitaan dan selangkangan timbul bersamaan? Apakah gatal paka daerah kewanitaan disertai oleh keputihan? Apakah gatal pada selangkangan disertai dengan perubahan warna kulit seperti kemerahan atau kehitaman?

Karena kurangnya data yang Anda paparkan, kami hanya dapat memberikan informasi yang mungkin berhubungan dengan keluhan Anda. Gatal pada vagina dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah jamur, parasit, ataupun kutu. Apabila diikuti dengan keputihan yang kental bergumpal-gumpal seperti susu maka kemungkinan jamur, bila dengan keputihan yang berwarna kehijauan maka kemungkinan disebabkan parasit. Bila ada seperti titik darah di celana dalam dan sangat gatal di pubis mungkin disebabkan oleh kutu pada rambut pubis. Namun, gatal dapat pula disebabkan karena vagina yang lembab dan kebersihannya kurang terjaga. Gatal pada vagina bukanlah gejala dari penyakit kanker serviks.

Keluhan gatal di daerah pubis dan selangkangan biasanya disebabkan oleh jamur (kurap), atau dapat pula karena candida (sejenis jamur). Infeksi jamur (kurap) atau candida mudah terjadi dalam kondisi yang lembab. Bentuknya meluas seperti pulau dan biasanya berwarna gelap. Jamur dermatofita E.Floccosum, T. Rubrum, dan T. Mentagrophytes menyebabkan tinea kruris. Biasanya mengenai daerah selangkangan atau sisi paha atas bagian dalam, dapat terjadi di kedua paha atau di salah satu paha saja. Keluhan utama adalah rasa gatal yang dapat hebat, terlebih jika kondisi kulit berkeringat. Lesi berbatas tegas, tepi meninggi yang dapat berupa bintil-bintil kemerahan atau lenting-lenting kemerahan, atau kadang terlihat lenting-lenting yang berisi nanah. Bagian tengah menyembuh berupa daerah coklat kehitaman bersisik. Garukan terus-menerus dapat menimbulkan gambaran penebalan kulit.

Jamur lain yang sering mengenai daerah lipatan kulit, terutama ketiak, bagian bawah payudara, bagian pusat, lipat bokong, selangkangan, dan sela antar jari; adalah candida. Dapat juga mengenai daerah belakang telinga, lipatan kulit perut, dan glans penis (balanopostitis), sela jari tangan biasanya antara jari ketiga dan keempat, pada sela jari kaki antara jari keempat dan kelima. Keluhan berupa gatal yang hebat, kadang-kadang disertai rasa panas seperti terbakar dan basah.

Kami tidak bisa menentukan diagnosis pasti dan juga penyebab keluhan yang Anda alami mengingat kurangnya informasi yang kami dapat dan pemeriksaan fisik yang tidak kami lakukan. Karena dalam mendiagnosa penyakit atau kelainan kulit, cara terbaik adalah dengan melakukan pemeriksaan secara langsung baik yang berupa wawancara medis yang mendetail, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang. Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung supaya diagnosis pasti dapat ditegakkan dan Anda mendapat penanganan yang optimal. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar