Sukses

Minuman Red Wine Bagi Kesehatan
10 Feb 2015, 23:17 WIB
Pria, 20 tahun.

Saya mau bertanya... Apakah red wine merlot tahun 1947 ber bahaya atau sebaliknya buat kesehatan ?? Mohon dari pihak kedokteran dibalas...

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Alkohol yang terkandung dalam wine, tidak selamanya berdampak buruk bagi kesehatan, sepanjang dikonsumsi dengan benar dalam takaran yang sehat. Pada dasarnya wine berasal dari anggur. Dan anggur memiliki banyak manfaat kesehatan.

Bagi kesehatan, wine mampu menjaga kesehatan hati dan jantung serta memperkuat kekebalan tubuh, hingga mencegah hilangnya nutrisi tulang, bila diminum teratur dengan takaran pas.

Tingginya kandungan antioksidan pada red wine bisa mencegah perkembangan sel-sel kanker, seperti kanker payudara dan kanker ovarian. Minum wine juga membuat pikiran menjadi lebih rileks, selain membantu memelihara memori dalam hidup.

Ada 7 maanfaat minum wine bisa dijelasan sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan jantung
kandungan fenol atau flavonoid yang terdapat dalam wine merupakan antioksidan yang sangat kuat dan bermanfaat untuk merelakskan pembuluh darah sehingga mengurangi jantunguntuk bekerja terlalu keras. Selain itu, antioksidan kuat ini akan melindungi jantung dari serangan radikal bebas yang merusak.

Kelebihan terdapat pada red wine, yaitu fenol atau flavonoid pada wine ada dalam bentuk yang sederhana sehingga lebih mudah diserap tubuh dibandingkan yang terdapat dalam buah segar. Kandungan alkohol yang ada dalam wine akan menjaga flavonoid lebih stabil dan lebih bermanfaat.

2. Menurunkan kolesterol
bagi anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, meneguk wine dapat bermanfaat karena flavonoid yang terdapat di dalam wine dapat mencegah oksidasi LDL. White wine menjadi wine yang dianjurkan untuk menurunkan kolesterol karena dapat mengurangi LDL dalam darah.

3. Mencegah timbulnya kanker
pada wine terdapat kandungan pterostilbene yang berguna untuk mencegah terjadinya kanker.

4. Membangun tulang
alkohol pada wine dapat meningkatkan aktivitas sel-sel pembangun tulang sehingga bermanfaat bagi tulang.

5. Mengurangi gejala alzheimer
alzheimer yang merupakan penyakit yang menyerang otak dapat dikurangi dengan red wine. Otak dapat berfungsi dengan lebih baik karena wine akan menambah aliran darah ke otak sebanyak 30%.

6. Mengatasi insomnia
adanya hormon melatonin yang biasa membuat kita mengantuk pada wine akan membantu seseorang yang mengalami sulit tidur. Hormon ini juga bersifat menenangkan yang akan membuat tidur lebih lelap.

7. Manfaat untuk kulit
kulit dapat menjadi lebih cerah dan merona karena kandungan antioksidan dalam bentuk yang mudah terurai tubuh. Kandungan antioksidan pada wine juga lebih kuat daripada vitamin e yang membantu membuat kulit lebih indah.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim redaksi klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar