Sukses

Kaki Bengkak dan Diabetes

17 Nov 2014, 13:46 WIB
Wanita, 51 tahun.

ibu saya menderita diabetes, dan kaki kanan pernah bengkak. Belakangan ini mengalami "kecetit" dan telah di rontgen sehingga sulit berjalan. Bengkak di kanan yg sempat hilang kembali bengkak dan sampai betis. Terakhir cek GDA menggunakan GDA stick 425 mg/dL. Sebenarnya kenapa kaki ibu saya bengkak dan apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan bengkak tersebut?

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu/Saudari yang terhormat.
Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.
 
Kami memahami kekhawatiran Anda. Sayang sekali informasi yang Anda berikan sangat terbatas. Bengkak pada kaki dapat disebabkan oleh karena peradangan, asam urat yang tinggi, cedera otot maupun tulang, infeksi, maupun gangguan fungsi ginjal. Untuk memastikan penyebab bengkak tersebut diperlukan pemeriksaan fisik terhadap kaki Ibu Anda, pemeriksaan radiologi dan penunjang lainnya yang diperlukan, serta wawancara medis lengkap seperti apakah hasil roentgen kaki Ibu Anda? Apakah terdapat riwayat terjatuh atau cedera? Apakah pernah dilakukan tes darah lainnya seperti fungsi ginjal? Obat apakah yang saat ini dikonsumsi oleh Ibu Anda? Apakah terdapat luka pada bagian yang bengkak? dan lainnya.
 
Angka gula darah yang Anda sebutkan tergolong tinggi. Pada prinsipnya, diabetes dikendalikan dengan: 
  • Perencanaan makan yang baik, dengan pengaturan jumlah, jenis, dan jadwal. Sudahkah Ibu Anda memiliki perencanaan makan?
  • Aktivitas fisik atau olahraga yang teratur
  • Obat yang diminum (anti diabetik) ataupun terapi suntik insulin. Obat apa sajakah yang saat ini dikonsumsi oleh Ibu Anda?
  • Monitor kadar glikemik, diskusikan target kadar glukosa darah dengan dokter yang merawat Ibu Anda
Perlu juga ditelusuri adakah hubungan antara bengkak pada kaki Ibu Anda dengan diabetes. Oleh karenanya kami menyarankan Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter yang merawat Ibu Anda untuk penanganan lanjut.
 
Berikut artikel terkait yang dapat menambah informasi Anda:
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Salam,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar