Sukses

Perlukah Suntik Toksoplasma Setelah Keguguran?

27 Mar 2015, 18:27 WIB
Wanita, 31 tahun.

Saya prnah mngalami keguguran 2x. 2 bln yg lalu sy di kuret ke 2 dr ank k3. Kata doktr spog sy bila ingin hamil kembali harus 2x haid dulu. Saat ini sy sdg haid bln ke 2, stlah haid sy selesai apa perlu sy suntik virus tokso krn suami mau memiliki momongan lagi. Mohon jawabannya.makasih dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Terdapat banyak Penyebab abortus  antara lain : kelainan kromosom, kelainan bentuk rahim, kekurangan hormon progesteron, infeksi, kelainan darah (kekentalan darah atau yang disebutkan 'anti phospolipid syndrome'), masalah imunologik,dll. Yang pertama harus dilakukan adalah menentukan penyebab abortus pada anda, mengenai hal ini kami anjurkan anda bertanya kepada dokter kandungan yang menangani anda.

Jika memang penyebab keguguran yang terjadi pada diri anda adalah adanya infeksi TORCH, Anda dapat terlebih dahulu memeriksa laboratorium untuk infeksi Toxoplasma, Rubella, Citomegalovirus, dan Herpes Virus (TORCH). Dan jika benar posititf, maka penyakit tersebut harus terlebih dahulu diatasi hingga tuntas sebelum anda berencana untuk hamil lagi, agar dapat menghindari resiko keguguran lagi.

Selain itu yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
  •  Ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas)

Berikut adalah beberapa artikel Kami yang dapat Anda akses terkait persiapan kehamilan pada pasangan suami-istri:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar