Sukses

Apakah Ada Hubungan Nyeri Pinggang dan Diabetes?

20 Feb 2015, 11:37 WIB
Pria, 58 tahun.

saya menderita Diabetes sdh +/- 10 thn. Gula Darah terakhir puasa 159 - 2 jam - 215. Keluhan sakit pinggang nggak sembuh2. Sdh dilakukan MRI bahkan USG - menurut dokter (spesialis syaraf) hasilnya normal). Yang saya tanyakan apakah ada hubungan penyebab skt pinggang dgn kondisi penyakit Diabetes saya dan bgmn mengatasinya.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Sebelumnya ada beberapa informasi yang kami butuhkan. Sejak kapan keluhan ini Anda rasakan? Apakah ada riwayat trauma atau cedera pada tulang belakang? Apakah ada gangguan buang air kecil? Apakah kaki sering kesemutan atau baal? Apakah nyeri bertambah dengan batuk, bersin, mengangkat benda berat, membungkuk? 

Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, saraf, tulang belakang). Bila menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf. Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri alih, misal pada batu ginjal atau dismenorea. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba,  yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke  daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus

Low back pain (LBP) dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, faktor kegemukan, pekerjaan, dan aktivitas/olahraga. Di antara penyebab LBP yang lain adalah proses degeneratif (spondilosis, HNP, osteoartritis), penyakit peradangan, osteoporotik, kelainan bentuk tulang belakang (skoliosis), gangguan sirkulasi, tumor, infeksi, masalah psikoneurotik, dsb.

Rasa nyeri yang Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat anti nyeri. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:
  • Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja
  • Selalu perhatikan posisi duduk atau berdiri yang benar
  • Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang
  • Olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.
  • Hindari olaharaga yang memberikan beban pada tulang belakang seperti lari dan mengangkat beban yang justru akan memperparah nyeri, seperti lari atau angkat beban
  • Tidur dalam posisi lurus, sebaiknya di atas kasur/alas yang keras
  • Coba latihan kekuatan otot punggung/latihan core seperti plank, side plank, bridge.

Nyeri pinggang yang menjalar sampai ke kaki dan menimbulkan gangguan neurologik dapat disebabkan oleh hernia nukleous pulposus (HNP) atau istilah awamnya saraf terjepit, suatu keadaan dimana sebagian atau seluruh bagian dari nukleus pulposus mengalami penonjolan kedalam kanalis spinalis. Untuk memastikan diagnosis HNP diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti MRI. Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk mendapat pemeriksaan dan terapi lebih lanjut. Mengingat Anda memiliki riwayat jatuh terduduk maka diagnosis HNP masih sangat mungkin.

Apakah ada hubungannya diabetes dan  nyeri pinggang?

Nyeri pinggang tidak ada kaitannya secara langsung dengan diabetes. Namun diabetes bisa menjadi faktor risiko munculnya keluhan nyeri pinggang, misalnya diabetes yang menyebabkan gangguan pembuluh darah sehingga menyebabkan gangguan sirkulasi darah.

Untuk menambah wawasan Anda, berikut kami rekomendasikan beberapa bacaan artikel mengenai nyeri pinggang:

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar