Sukses

Benjolan Dibelakang Telinga

25 Mar 2015, 21:59 WIB
Wanita, 25 tahun.

ada benjolan dibelakang telinga saya hingga ke bawah rahang,dan diatas kepala,,reaksinya cepat hanya 1-2 jam,rasanya sperti kejedot pintu kalo meradang (jika disentuh,,penyakit apa itu dok?apa betul KGB?,,apa yang harus saya lakukan?,,saya takut penyakit berbahaya..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sebelumnya kami perlu menanyakan beberapa informasi terkait keluhan Anda,  Benjolan seperti apakah yang Anda maksud? Berapa ukuran benjolan tersebut? Apakah tepinya rata? Apakah benjolan tersebut padat atau lunak? Apakah berisi air, nanah atau darah? Apakah benjolan terasa nyeri atau gatal? Apakah disertai keluhan lain seperti demam? Apakah Anda ada gejala seperti mudah berkeringat, dan penurunan berat badan? Apakah benjolan muncul bila Anda sedang sakit batuk, nyeri menelan?

Benjolan yang terdapat pada belakag telinga dapat mengarah ke berbagai kemungkinan seperti abses, kista, penyumbatan pori-pori, infeksi misalnya pada kelenjar air liur (parotitis), tumor ataupun pembesaran kelenjar getah bening. 

Sayangnya kami tidak dapat menentukan diagnosis pasti dan penyebab dari keluhan yang Anda rasakan karena kurangnya data seperti di atas dan keterbatasan untuk melakukan pemeriksaan fisik. Karena untuk mendiagnosis benjolan diperlukan anamnesis dan pemeriksaan fisik yang mendetil untuk mengetahui penyebab dasarnya. Antara lain  jumlah, ukuran, lokasi tepat, warna, kekenyalan, apakah mudah digerakkan, permukaannya, apakah semakin membesar dengan cepat, dll. Benjolan tersebut juga perlu diidentifikasi melalui pemeriksaan langsung dan mungkin juga pemeriksaan penunjang.

Oleh karena itu kami sarankan Anda konsultasi ke dokter karena status benjolan tersebut berbahaya atau tidak hanya dapat dipastikan melalui wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan tambahan untuk menunjang diagnosis. Kami sarankan pula untuk tidak mengkonsumsi segala macam obat tanpa petunjuk dan pengawasan Dokter untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar