Sukses

Badan Terasa Lemas

25 Mar 2015, 22:14 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat siang dokter, saya ingin bertanya, saat ini saya mengurus anak saya yg berumur 16 bln dan berat badannya 13 kg, sedangkan saya 43 kg turun dari (46kg) selama saya mengurusnya saya sering merasakan nyeri pundak, dan bahkan bbrp jam setelah bangun pagi saya terasa lemas dan ingin tidur lagi. Terkadang saya coba mengkonsumsi suplemen vit b bbrp jam terasa agak fit. Tapi saya bingung apa memang kebutuhan gizi saya berkurang sehingga lemas, atau berat badan saya yg tidak seimbang sehingga saya memaksa menggendong anak saya yang berat, padahal saya rutin memgkonsumsi buah. Dan saya juga sering menggendong anak saya naik turun tangga, bahkan seusia dia yg aktif saya jg banyak bergerak sehingga bisa dikatakan itu juga berolahraga. Mohon sarannya dokter trima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Pola hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan rasa mudah lelah, sering lemas dan kurang bersemangat. Selain itu juga dapat karena kurang darah (anemia). Kami sertakan artikel: Sering Lemas? Waspadai Kurang Darah.

Apabila hasil pemeriksaan kesehatan Anda normal, maka mungkin penyebabnya adalah karena Anda belum menjalani pola hidup sehat. Jalani pola hidup sehat dengan melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Makan secara teratur, dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecil
  • Jangan langsung tidur setelah makan malam
  • Hindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnya
  • Hindari stres
  • Tidur cukup 7-8 jam/hari
  • Olahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30 menit.

Jika hasil laboratorium menunjukkan kadar hemoglobin yang rendah (anemia) maka Anda membutuhkan suplemen zat besi. 

Kami sertakan juga artikel: 9 Cara Mengatasi Lemas-Lemas.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar