Sukses

Impotensi dan Sulit BAB

22 Nov 2014, 12:01 WIB
Pria, 41 tahun.

sore dok, sy mengalami impotensi sdh hampir 5th, sdh mencoba beberapa jenis obat, tp hasilnya tetap nihil. sy juga penderita hipotensi, badan cepat terasa lelah, mata berkunang kunag, dan terakhir hasil cek gula darah 144, kolesterol 191, dan asam urat low, sdh diulang sampai 2 kali tetap low. sy jg maaf, susah BAB, spt otot pd anus tdk kuat dorong kotoran, sy hanya bs BAB pas kena diare. Mohon solusi dari permasalahan sy ini. terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Impotensi atau Disfungsi ereksi (DE) merupakan salah satu jenis gangguan seksual pada pria.Gangguan ereksi dapat dikategorikan disfungsi ereksi dengan definisi ketidakmampuan untuk memulai dan mempertahankan ereksi. Bagaimana dengan Anda?

Gangguan ini dapat disebabkan banyak hal, diantaranya adalah :

  • Kelainan pembuluh darah
  • Kelainan persarafan
  • Obat-obatan
  • Kelainan pada penis
  • Masalah psikis yang mempengaruhi gairah seksual.

Agar bisa tegak, penis memerlukan aliran darah yang cukup. Karena itu gangguan aliran darah dapat menyebabkan gangguan ereksi. Kerusakan saraf akibat diabetes melitus, alkohol, obat-obatan, juga dapat menjadi penyebab disfungsi ereksi. Bahan kimiawi rokok juga mempengaruhi aliran darah, sehingga dapat juga berkontribusi pada gangguanereksi ini. Sekitar 25% kasus impotensi disebabkan oleh obat-obatan yaitu jenis obat antihipertensi, anti depresi, anti psikosis, obat penenang, simetidin, dan litium.

Psikis seperti depresi, kecemasan, stres, perasaan bersalah, perasaan takut akan keintiman, dll juga menyumbang cukup besar penyebab dari gangguan ereksi. Diperlukan evaluasi lengkap dengan tambahan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan sesuai kecurigaan penyebab. Nutrisi yang dapat membantu mengatasi gangguan ereksi Anda adalah zinc dan kalsium. Jangan minum sembarang obat kuat tanpa pengawasan dokter guna menghindari efek samping yang dapat merugikan kesehatan tubuh.

Untuk hasil laboratirum Anda, Gula darah Anda dalam kondisi normal (nilai normal gula darahs ewatu normalnya dibawah 200), Kolesterol berada dibatas atas (nilai normal dibawah 200), untuk itu kurangilah makanan yang mengandung banyak lemak dan makanan yang diolah dengan banyak minyak. Untuk nilai asam urat yang normal adalah 3.4-7.0 , tentu nilai acuan normal ini dapat berbeda-beda sesuai dengan metode yang digunakan tiap laboratorium.

Sulit BAB memang menjadi masalah yang mengganggu, dan banyak penyebabnya. Untuk itu Anda dapat mmeriksakan diri ke dokter agar dapat mengetahui penyebab dan solusi sesuai dengan kondisi yang Anda alami. Untuk saat ini, perbanyaklah minum air putih dan makan sayuran dan buah tinggi serat agar konsistensi feses menjadi lunak dan mudah dikeluarkan,

Kami sertakan artikel untuk menambah wawasan Anda;

 

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar