Sukses

Pembengkakan Tubuh (Oedema) Pada Penderita Diabetes

24 Mar 2015, 19:47 WIB
Wanita, 57 tahun.

mau tanya saya dok diabetes sering gula darah naik turun mulai 200 sampai 300, kata dokter diabetes tipe 2 sekarang kena efek yaitu pembengkakan mulai tangan dan kaki tubuh, sudah diberi foresamid, dan suntik insulin. tolong info cara menangani. trims

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Diabetes tipe dua merupakan tipe diabetes yang terjadi akibat resistensi insulin. Seperti yang telah diketahui diabetes tidak dapat disembuhkan, namun dapat dikontrol dengan membatasi gula darah agar tetap selalu dalam batas normal.

Pada awal perjalanan penyakit, mengontrol gula darah dapat dilakukan dengan modifikasi gaya hidup tanpa menggunakan obat-obatan. Bila dengan metode tersebut gula darah belum juga terkontrol, maka dibantu dengan obat-obat anti diabetes oral. Jika dengan dosis maksimal obat oral diabtes tetap juga tidak bisa dikontrol, maka perlu dipertimbangkan pemakaian insulin buatan.

Akibat dari ketidakdisiplinan dalam terapi diabetes, gula darah akan sulit untuk kembali berada dalam batas normal. Akibatnya akan timbul dampak atau komplikasi dari diabetes. Tiga diantaranya adalah kerusakan pada ginjal, mata dan saraf. Selain itu juga terjadi kerusakan-kerusakan kecil pada pembuluh darah.

Jika perjalanan penyakit terus berlanjut, kerusakan pada organ lain seperti ginjal dapat berakibat fatal. Gejala dari gangguan ginjal salah satunya adalah pembengkakan tubuh. Jika telah terjadi hal yang demikian, maka selain mengontrol gula darah perlu juga terapi untuk perbaikan fungsi ginjal.

Kesemua hal ini dapat dibuktikan setelah dilakukan pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan penunjang, yang sayangnya tidak dapat kami lakukan pada fitur ekonsultasi ini. Untuk itu, kami sarankan anda kembali berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam yang biasa menangani anda mengenai kejelasan kondisi kesehatan anda saat ini, dan langkah terapi apa yang selanjutnya dapat anda lakukan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar