Sukses

Endometriosis Harus Operasi?

14 Nov 2014, 17:00 WIB
Wanita, 44 tahun.

Endrometrosis apa harus dgn operasi. . . .klo dtg bulan sakit sekali ( 5 thn terakhir )

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Endometriosis adalah pertumbuhan  kelenjar endometrium dan stroma yang berasal dari rahim. Pada endometriosis, lapisan yang menyerupai endometrium tumbuh dan ditemukan di luar rahim. Penyebab pasti endometriosis masih belum diketahui. Beberapa teori mengemukakan kaitan antara endometriosis dengan masalah imunologik (kekebalan tubuh) serta faktor genetik (keturunan). Tidak ada makanan atau minuman yang berpengaruh terhadap pertumbuhan endometriosis, karena itu tidak ada pantangan bagi makanan. 

Rasa sakit yang timbul setiap kali datang bulan sering dialami oleh banyak wanita. Rasa sakit ini biasanya dirasakan di perut bagian bawah yang timbul setiap hari ke-1 hingga hari ke-3 dari siklus menstruasi. Rasa nyeri yang diarasakan oleh setiap wanita berbeda beda, dapat berupa nyeri ringan maupun berat hingga mengganggu aktivitas sehari hari. Bagaimana dengan Anda?

Jika nyeri yang dirasakan sangat berat dan mengganggu aktivitas sehari hari dikenal dengan nama dismenorea. Terdapat dua jenis dismenore, yaitu :

  • Dismenorea primer : dismenore tipe ini timbul sejak haid pertama dan akan pulih sendiri dengan berjalannya waktu dengan lebih stabilnya hormon tubuh . Nyeri haid ini adalah normal, dan tidak membahayakan kesehatan. Dismenorea ini terjadi murni karena kontraksi otot rahim saat menstruasi akibat dari hormon prostaglandin

  • Dismenorea sekunder : biasanya baru timbul di kemudian hari setelah menstruasi pertama. Berlangsunglebih dari 3 hingga 4 hari dan disertai mual, muntah atau bahkan diare. Dismenore ini dapat disebabkan oleh beberapa panyakit/kelainan penyebab, antara lain : kelainan atau penyakit seperti infeksi rahim, kista atau polip, tumor sekitar kandungan,dll.

Siapakah yang mendiagnosis Anda dengan endometriosis? Belum tentu semua nyeri haid disebabkan oleh endometriosis. Penyebabnya sangat beragam. Terkait pengobatan endometriosis, penanganannya tidak selalu operasi, dapat juga diberikan obat-obatan. Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan guna penanganan yang tepat. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar