Sukses

Usia 7 Tahun Masih BAB Di Celana

25 Mar 2015, 20:23 WIB
Wanita, 27 tahun.

Siang dok,sy ingin mnanyakan mngenai masalah kesehatan anak sy yg hingga saat ini msh bab dicelana/pampers krn tdk bisa ban diwc,ank sy saat ini usia 7 th,ank sy mngalami ini sejak bayi,krn wkt lahir anak sy hanya mmpunyai(maaf lubang pantaat)yg hny sbesar lubang jarum,dan ank sy sudah dioprasi bgitu dia lahir,sy kdg merasa kesal krn dlm shari anak sy bab diclana kdg smp 7x dan itu stiap hr sjk dia bayi,kdg hg sy malu bila dia brmain dg tmn2nya dia sdh bab tp dia cuek aj seolah dia gak bab,kdg jg sy sedih smp kpn ank sy bgini,mhn jwbnnya dok,,trimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Pada keadaan normal, anus memiliki otot (sfingter ani) yang dapat mengontrol kapan kotoran bisa dikeluarkan, sesuai dengan kemauan kita. Namun, pada beberapa kasus terjadi gangguan pada otot baik akibat fungsi otot itu sendiri yang terganggu atau akibat gangguan saraf yang mempersarafinya, sehingga tidak ada kendali dan kotoran keluar begitu saja ketika telah mencapai akhir pencernaan.

Kondisi ini normal terjadi pada bayi yang belum mengerti untuk mengendalikan keinginan BABnya, dan pada lansia yang telah kehilangan kendalinya.

Anak berusia 7 tahun umumnya sudah dapat melakukan kendali terhadap keinginan untuk BABnya. Namun pada anak anda memiliki faktor resiko yaitu tidak terbentuk dengan sempurnya lubang anus sejak lahir.

Sayang sekali kami tidak dapat memberikan saran terapi lebih lanjut tanpa adanya kejelasan kondisi anak anda saat ini. Untuk itu kami anjurkan anda untuk kembali mengunjungi dokter spesialis anak agar anak anda dapat kembali diperiksa dan penanganan dapat disesuaikan dengan kondisinya saat ini.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar