Sukses

Bekas Luka Digaruk Menjadi Lebam

14 Nov 2014, 11:49 WIB
Pria, 21 tahun.

ketikaa kulit saya di garuk, bekas garuk tersebut meninggalkan bekas. bekasnya gak warna merah, tetapi kayak lebam gtu. kenapa ya? dalam kondisi cuaca panas dan dingin,

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sulit bagi kami untuk mendiagnosa keluhan kulit tanpa adanya wawancara dan pemeriksaan secara langsung. Kami juga perlu mengetahui lebih lanjut mengenai keluhan Anda seperti: sudah berapa lama Anda mengalami keluhan ini? Apakah walaupun tidak digaruk Anda juga mengalami lebam? Apakah Anda memiliki kulit yang kering? Apakah lebam tersebut nyeri bila ditekan? 

Apakah Anda memang mudah berdarah dari dahulu atau baru akhir-akhir ini saja? Adakah riwayat mudah memar tanpa diketahui sebabnya di tubuh Anda? Apakah ada keluarga Anda yang mengalami hal seperti ini juga? Mudah berdarah atau mudah memar menandakan adanya gangguan pada trombosit atau pada faktor koagulasi.

Sering berdarah atau sering luka memar dapat merupakan gejala dari penyakit ITP  (Idiopathic Thrombocytopenic Purpura), hemofilia, penyakit hati kronik, dan gangguan  trombosit lainnya. Sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk diperiksakan laboratorium demi mencari penyebab dari keluhan Anda ini. Pengobatan akan disesuaikan dengan penyebabnya.

Namun sayang sekali kami tidak dapat memastikan penyebab dari keluhan yang Anda alami, karena untuk hal tersebut dibutuhkan anamnesis lebih lanjut dan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang yang tepat. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar