Sukses

Masalah Air Di Rumah

24 Mar 2015, 19:00 WIB
Wanita, 23 tahun.

Air dirumah saya kuning, berminyak, dan berbau. Apabila saya menggunakan tawas dan sejenis citroen untuk menjernihkan air tsb di sebuah drum, lalu saya gunakan untuk mandi dan mencuci pakaian/perabotan, apakah ada dampak bagi kesehatan kulit atau lainnya? Terimakasih jawabannya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Air dikatakan tidak bersih bila mengandung kuman-kuman, cacing, atau bahan kimia beracun. Kuman-kuman (jasad hidup yang sangat kecil, terlalu kecil untuk bisa dilihat, yang menyebabkan banyak jenis penyakit) dan cacing-cacing, seperti cacing pita, cacing tambang, cacing gelang, penyebab sejumlah penyakit berat.

Kuman dan cacing hidup di dalam kotoran manusia dan binatang (air kencing dan kotoran) dan dapat menyebabkan penyakit serius dan menahun jika:
  • kotoran manusia dan binatang tidak dibuang dengan cara yang benar
  • sumber air tidak dilindungi dan dijaga
  • kebersihannya tidak ada cukup air untuk mandi

Beberapa penyakit yang ditimbulkannya, seperti diare, menyebar dengan cepat dan dapat mengakibatkan banyak kematian. Penyakit lainnya yang ditimbulkan kuman- kuman dan cacing dapat menyebabkan sakit yang menahun dan mengarah pada masalah kesehatan lainnya seperti dehidrasi, infeksi, anemia (kurang darah), dan kekurangan gizi. Karena gejala yang paling umum dari penyakit yang disebabkan oleh kuman dan cacing adalah diare maka penyakit-penyakit ini seringkali disebut penyakit diare.

Untuk menjernihkan air, memang dapat digunakan tawas (alumunium sulfat). Tawas berfungsi untuk mengikat partikel dalam air dan mengendapkannya. Penampungan air yang diberikan tawas dapat digunakan untuk mandi atau mencuci, namun tidak untuk diminum.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar