Sukses

Masa Subur Pada Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur

13 Nov 2014, 11:25 WIB
Wanita, 29 tahun.

Assalamualaykum Dok.. Saya sudah menikah selama 10 bulan, tapi belum hamil. Baru-baru ini kami konsultasi ke Dokter kandungan. Setelah di USG ternyata ada kista disebelah kiri dengan ukuran panjang 3,7 cm dan lebar 2,5 cm. Nah, bagaimana Dok saya menghitung masa subur sementara sekarang ini haid saya tidak teratur lagi. bagaimana mengatasi kista ini? dibiarkan saja atau diangkat? Terakhir, apakah saya akan sulit punya anak? Mohon solusinya Dok... Terimakasih Wassalam

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Apakah Anda mengetahui kista yang dimaksud berlokasi dimana? Apakah di perut (peritonium atau selaput perut?) ataukah di organ reproduksi di luar rahim seperti ovarium (indung telur)? Atau di dalam rahim?  Akan lebih baik bila Anda memberikan tambahan informasi nama dan lokasi tepat dari kista tersebut. Perbedaan lokasi dan jenis dari kista (jinak, ganas, jenis sel) akan mempengaruhi terapi yang diberikan dan pengaruhnya terhadap kesuburan wanita.

Untuk mengetahui masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir. Masa subur (ovulasi) akan terjadi pada 14 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya.  Karena itu coba fokuskan untuk berhubungan sekitar masa subur tersebut.  

Jika haid Anda tidak teratur, untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumus Penghitungan Masa Subur:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11 

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Berdasarkan informasi yang Anda berikan, Anda dapat melakukan hubungan seksual pada hari ke-3 sampai hari ke-18 siklus haid Anda.

Baca pula artikel-artikel berikut untuk menambah informasi Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter.com

0 Komentar

Belum ada komentar