Sukses

Menghitung Usia Kehamilan

24 Mar 2015, 19:06 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat pagi dokter.. saya mau tanya tentang usia kehamilan saya. Terakhir mens tgl 4?8 Feb 2014, bulan Maret saya tidak mens dan tiap hari sabtu (tgl 8, 15, 22, 29 Maret 2014) uda tes urin pake test pack tapi hasilnya negatif. Sampai bulan April pun masih belum mens, akhirnya tgl 9 April 2014 saya ke dokter spesialis kandungan “A”, dari hasil USG ternyata rahimnya masih kosong dan saya diberi resep obat yang bernama MEDIOL (Methylestrenolone 5mg & Methylestradiol 0,3mg) dan Metilat (Methylergometrine maleate), kata dr. “A” supaya mens tapi setelah ngonsumsi obat tsb sampe habis masih belum mens juga. Setelah 2 minggu ngonsumsi obat tsb, payudara mulai sakit seperti tanda mau mens, tapi masih juga belum dateng-dateng mensnya. Tanggal 10 Mei 2014 saya USG lagi ke dr. kandungan “B”, saya dapat kabar yang menyenangkan ternyata saya sudah hamil usia 8w berdasarkan ukuran kantong kehamilannya. Saya bingung, kok bisa?? Padahal bulan lalu (9 April) masih kosong rahimnya. Selanjutnya 14 juni USG lagi (usia 13w), 8 Juli USG lagi (usia 16w), 8 Agustus USG lagi (usia 20w/5 bulan) ke dokter kandungan “B”. Bulan September saya pindah tempat tinggal ke luar kota, sehingga saya harus pindah periksa ke dokter kandungan “C”, tgl 13 Sep 2014 USG ke dr.”C” dan beliau berkata usianya uda 28w/7 bulan.. padahal kalo dari dokter sebelumnya seharusnya masih usia 6 bulan. Yang ingin saya tanyakan, sebenarnya usia kandungan saya nih berapa sih dok? Maaf yaa dok pertanyaannya gondrong..hehehe salam hangat buat dokter yang baik hati..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Terdapat beberapa cara untuk mengetahui usia kehamilan, salah satunya adalah dengan melakukan perhitungan menurut  HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Banyak sekali faktor yang mempengaruhi perhitungan kehamilan menurut HPHT. Perhitungan kehamilan menurut HPHT hanya dapat dipercaya apabila sang wanita hamil memiliki siklus menstruasi teratur dan normal yaitu sekitar 28 hari. Apabila siklus menstruasi Anda tidak teratur maka perhitungan ini tidak valid.

Lazim adanya apabila metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama menstruasi terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Namun tentunya perkiraan usia kehamilan berdasarkan USG tidak 100 persen tepat, karena terdapat banyak faktor yang mempengaruhinya.

Selama kehamilan anda sehat-sehat saja maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Oleh karena itu kami sarankan Anda tetap melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan dapat dilihat kondisi janin Anda hingga persalinan nanti. 

Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk Anda:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar