Sukses

Penanganan Faringitis

14 Nov 2014, 11:37 WIB
Pria, 25 tahun.

Selamat pagi dok..faringitis/radang saya sudah merah sekali dan leher belkang hingga telinga sakit sekali ditambah kepala pusing dan berat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Sebelumnya apakah ada gejala lain yang Anda rasakan? Apakah ada gejala hidung meler? Berdasarkan keterangan dari data yang Anda berikan, nampaknya Anda mungkin saja mengalami radang tenggorokan. Mengatasi radang tenggorokan tidaklah sulit, beristirahatlah yang cukup, banyak minum, makan makanan dengan nutrisi cukup dan minum vitamin seperti vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Saat sedang sakit, batasi jenis makanan yang dapat merangsang batuk seperti es dan makanan goreng-goreng,mengurangi atau menghindari asap rokok.

Peradangan pada tenggorokan dalam bahasa medis disebut faringitis atau tonsilofaringitis (karena sering disertai peradangan pada amandel/tonsil). Penyebab infeksi dan radang tenggorokan paling banyak adalah virus (sekitar 40-60%) dan sekitar 15% disebabkan oleh bakteri streptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridians, dan streptococcus pyogenes. Selain itu, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh jamur. Namun perlu diketahui bahwa radang tenggorokan tidak selalu disebabkan oleh infeksi. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh alergi, atau iritan seperti polutan, asap rokok, dan substansi kimia lain. Gejala faringitis sangat bervariasi, bergantung pada penyebabnya. Faringitis dapat merupakan suatu kondisi yang berdiri sendiri atau merupakan bagian dari gejala penyakit lain.

Saran kami sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis THT, agar Anda mendapatkan diagnosis yang pasti, mendapatkan terapi yang sesuai dan gejala yang Anda rasakan segera tertangani.

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat dan Anda lekas pulih.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar