Sukses

Benjolan Pada Anus dan Nyeri

24 Mar 2015, 18:06 WIB
Wanita, 21 tahun.

Saat BAB anus terasa perih, Dan ada benjolan di luar bibir anus, Rasanya begitu menyakitkan sepertinya tidak ingin BAB lagi dok.. Bagaimana mengatasinya ya dok, agar benjolan'a jg hilang..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Pada umumnya benjolan pada anus banyak disebabkan oleh wasir/ambeien/hemoroid. Pernahkah anda BAB dan bercampur darah segar?

Hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Di Amerika, 50% populasi usia 50an menderita wasir. Dan diperkirakan sekitar 50-85% populasi dunia akan mengalami gejala wasir pada periode tertentu dalam hidupnya.

Hemorrhoid dibagi menjadi 2 tipe :

  • Hemorrhoid eksterna: wasir dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa. Biasanya menimbulkan keluhan nyeri. Dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang muncul berupa gatal. Wasir jenis ini rentan terhadap trombosis (penggumpalan darah). Jika pembuluh darah vena pecah yang mengalami kelainan pecah, maka penggumpalan darah akan terjadi sehingga akan menimbulkan keluhan nyeri yang lebih hebat.
  • Hemorrhoid interna: wasir yang muncul didalam rektum., biasanya tidak nyeri. Perdarahan dapat timbul jika mengalami iritasi. Perdarahan yang terjadi bersifat menetes. 

Sayang sekali Kami tidak dapat menentukan penyabab mana yang menjadi alasan dari keluhan Anda jika hanya berdasarkan informasi yang Anda utarakan tersebut. Dibutuhkan lebih banyak informasi dari wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan penunjang untuk menyakinnya. Pengobatan benjolan pada anus tergantung dari penyebabnya, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan doker spesialis penyakit dalam untuk keluhan yang Anda alami.

Berikut kami lampirkan artikel mengenai wasir.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar