Sukses

TBC Berulang

13 Nov 2014, 09:33 WIB
Pria, 35 tahun.

Salam, pd maret 2012 saya telah sukses menjalani pengobatan TBC tahap 2, selanjutnya pada bulan oktober 2o14 saya kembali dinyatakan dokter paru penyakit TB saya kambuh untuk yg ke 3xnya, setelah menjalani rongsen dan cek dahak di laboratorium. saya mau bertanya apakah saya masih bisa di obati? dengan cara bagaimana? mohon infonya. terimah kasih. salam

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman Mycobacterium tuberculosis yang bersifat sistemik, yang dapat bermanifestasi pada hampir semua organ tubuh dengan lokasi terbanyak di paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer. TBC ditularkan melalu droplet/udara.

Gejalanya berupa: batuk lebih dari 3 minggu, batuk darah, sesak napas, nyeri dada, berat badan turun, nafsu makan turun, berkeringat pada malam hari, demam yang tidak tinggi, dan mudah lelah. Pengobatannya dengan obat anti tuberkulosis (OAT) yang diberikan secara 6 bulan dan harus diminum setiap hari secara teratur. Obat yang tidak diminum secara teratur dapat menyebabkan resistensi (kekebalan) kuman. Jika sudah terjadi resistensi, OAT tidak ampuh lagi membunuh kuman TBC dan kondisi ini akan memperparah penyakit TBC yang diderita.

Apakah TBC bisa kambuh?

Sekalipun sudah dinyatakan sembuh, seseorang tetap dapat terkena TBC lagi. Yang terpenting adalah menjaga daya tahan tubuh Anda. Seperti yang sudah dikatakan, TBC ditularkan melalui udara, jadi yang terpenting adalah menjaga daya tahan tubuh dan mencegah kontak langsung. Daya tahan tubuh dapat ditingkatkan dengan:

  • olahraga teratur 3x/minggu selama minimal 30 menit setiap sesinya
  • memenuhi kebutuhan nutrisi dengan makanan bergizi
  • istirahat cukup, tidur minimal 7-8 jam/hari
  • hindari stres

Apakah dulu Anda rutin menjalani pengobatan TBC? jika rutin maka keluhan Anda saat ini tentu saja masih bisa diobat dengan mengulang pengobatan TBC seperti yang sebelumnya sudah Anda lakukan. Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter Anda sebelumnya, karena beliau yang sudah mengetahui riwayat perjalanan penyakit Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan Anda lekas pulih.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar