Sukses

Pectus Excavatum
13 Nov 2014, 10:35 WIB
Pria, 19 tahun.

PECTUS EXCAVATUM haruskah operasi? di Indonesia dimana? Costnya berapa?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Pertama-tama izinkan kami menjelaskan tentang pectus excavatum. Pectus excavatum atau dikenal dengan funnel chest, adalah suatu kelainan bawaan lahir (kongenital) dimana terjadi abnormalitas atau ketidaksempurnaaan pada pembentukan serta pertumbuhan dinding dada. Hal ini menyebabkan terlihatnya cekungan masuk ke dalam pada rongga dada. Pectus excavatum sendiri merupakan suatu defek pada dinding dada yang paling sering terjadi (90%).

Hingga saat ini, penyebab dari pectus excavatum belum diketahui. Namun diduga disebabkan oleh adanya gangguan genetik yang menyebabkan pertumbuhan otot dan tulang pada bagian dada yang tidak normal. Gangguan dari pertumbuhan tulang rusuk inilah yang dapat menyebabkan terjadinya pectus excavatum. 

Gejala dan tanda yang biasanya dialami adalah adanya cekungan pada rongga dada yang masuk ke dalam. Selain itu dapat pula terjadi kelainan jantung. Misalnya adanya prolaps atau gangguan dari katup mitral pada jantung atau adanya penurunan kapasitas basal paru. 

Penanganan dari pectus excavatum sendiri dapat berupa non invasif maupun invasif. Namun hingga saat ini belum ada penanganan yang efektif untuk pectus excavatum selain tindakan bedah. Sebelum dilakukan tindakan pembedahan biasanya akan dilakukan beberapa pemeriksaan seperti CT Scan, kapasitas fungsi paru dan pemeriksaan jantung (auskultasi dan EKG). 

Tindakan pembedahan ini selain ditujukan untuk memperbaiki atau mengkoreksi fungsi anatomis tubuh juga ditujukan untuk menangani masalah pernafasan maupun murmur jantung. Tindakan bedah ini biasanya dilakukan oleh dokter spesialis bedah jantung (Sp.BTKV). 

Anda dapat mengunjungi rumah sakit yang terdapat layanan bedah jantung. Dalam forum ini, untuk menghindari adanya bias promosi dari institusi tertentu, kami tidak dapat menginformasikan kepada Anda mengenai hal tersebut. Untuk memudahkan pencarian Anda, silahkan gunakan fitur cari dokter yang ada di halaman website kami. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar