Sukses

Manfaat Vitamin E bagi Perokok

13 Nov 2014, 10:04 WIB
Pria, 27 tahun.

Apakah natur E juga termasuk vitamin yg bisa memulihkan perokok aktif yg sedang dalam masa pemulihan..?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Apakah yang Anda maksud dengan dalam masa pemulihan? Apakah yang Anda maksud adalah dapat membantu Anda untuk berhenti merokok? 

Merokok dapat merusak jantung dan berhenti merokok merupakan upaya yang paling baik untuk menghindari penyakit jantung. Mengkonsumsi vitamin E setelah berhenti merokok dapat mempercepat pemulihan kembali kesehatan jantung. Memang dari beberapa studi menyebutkan bahwa konsumsi vitamin E rutin dalam jangka waktu tertentu dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. 

Walaupun hal ini bergantung juga dari beberapa faktor seperti sudah berapa lama Anda merokok? Berapa bungkus rokok yang Anda konsumsi sehari? Apakah ada penyakit lain yang menyertai seperti diabetes, darah tinggi, dsb.

Vitamin E dibutuhkan oleh tubuh untuk beberapa hal seperti dapat berfungsi sebagai antioksidant. Vitamin E dapat ditemukan di beberapa jenis makanan seperti sayuran hijau, buah, daging, telur dan ayam. Pada umumnya mengkonsumsi vitamin E  bisa dikatakan aman. Dosis yang dianjurkan adalah 15 mg, saat dikonsumsi diatas 300 mg, dikatakan dapat memicu timbulnya stroke pada 22% kasus. Juga bagi penderita diabetes dan jantung harus berhati-hati dalam mengkonsumsi vitamin E dosis tinggi karena dapat memicu timbulnya komplikasi. 

Meskipun Anda mengonsumsi vitamin E rutin namun Anda tidak berhenti merokok, maka hasilnya sama saja dan menjadi tidak bermanfaat. Karena yang terpenting adalah berhenti dari rokok itu sendiri.

Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk Anda:

Manfaat Sehat Vitamin E

Suplemen Vitamin E Bisa Tunda Pikun, Lho!

Vitamin E Pulihkan Perokok

7 Cara Menghindari Rokok

Mengapa Saya Harus Berhenti Merokok?

Merokok Sebabkan Kanker Usus

Muda Merokok, Tua Rematik

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar