Sukses

Infeksi Jamur Pada Kulit Paha

06 Feb 2015, 12:33 WIB
Pria, 25 tahun.

Muncul bercak dan timbul seperti jamur, pada bagian paha...,terasa sangat gatal dan makin banyak terlihat bila sedang melakukan olahraga yang berkeringat, cara menyembuhkan secara total biar tidak kambuh lagi.,,terimakasih dok

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Gejala infeksi jamur adalah rasa gatal pada kulit, terutama jika panas, lembab, atau berkeringat. Pada dasarnya diagnosis kelainan kulit harus dilihat. Sedangkan, untuk memastikan adanya infeksi jamur sebetulnya perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium sederhana menggunakan KOH dan mikroskop dari lesi kulit yang ada.

Namun dari gejala yang Anda gambarkan yaitu sisik putih yang gatal terutama ketika berkeringat serta letaknya yang berada di daerah lembab, maka kemungkinan besar memang mengarah pada infeksi jamur.

Jamur tumbuh pada lingkungan yang lembab. Karena itu, untuk mencegah terjadinya infeksi jamur berulang, Anda perlu menghindari keadaan lembab pada daerah infeksi. Hindari penggunaan celana yang ketat, gunakan bahan yang tipis, ganti celana setiap kali berkeringat, pakai bedak pada daerah tersebut. Celana Anda sebaiknya juga direndam terlebih dahulu menggunakan karbol (untuk yang berwarna) selama 1 – 2 jam dan pemutih (untuk warna putih) selama 15 – 30 menit.

Namun untuk memastikannya terlebih dahulu kami anjurkan Anda untuk memeriksakan diri kepada dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat, agar pengobatan yang dilakukan dapat disesuaikan dengan penyebab dan memberikan hasil yang optimal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar