Sukses

Kebiasaan yang Menyebabkan Gigi Berjejal

13 Nov 2014, 13:38 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat sore dok. Saya mengalami kesulitan bernafas melalui hidung, akibatnya gigi saya berjejal. Jika saya ingin memperbaiki gigi saya yang berjejal apakah saya harus mengobati kesulitan bernafas saya terlebih dahulu? Jadi ke dokter THT dulu atau lgsg ke dokter spesialis orthodonti? Terima kasih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Beberapa kebiasaan memang dapat mempengaruhi susunan gigi dalam mulut seperti kebiasaan menghisap jari, bernafas melalui mulut dan kebiasaan menggigit benda-benda tertentu. Perawatan yang diperlukan untuk memperbaiki keadaan dari posisi gigi yang tidak normal atau maloklusi tersebut adalah dengan perawatan ortodonti atau kawat gigi. Perawatan orthodonti merupakan suatu tindakan medis yang durasi prosesnya cukup panjang dan melalui beberapa tahapan juga harus didukung dengan kerjasama dari pasien yang baik.

Pada keadaan yang Anda alami ini sebaiknya konsultasikan dahulu kelainan yang Anda alami terkait kesulitan dalam bernafas melalui hidung, dan kemudian Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter gigi spesialis ortodonti mengenai maloklusi gigi Anda. Kondisi gigi maloklusi yang berjejal dapat beresiko terhadapat kesehatan gigi itu sendiri maupun jaringan sekitarnya selain mengganggu estetik pada pasien, seperti gigi berlubang, gingivitis dan kelainan sendi rahang.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar